fbpx
LOGO

4 Cara Mudah dan Ampuh Mengatasi Stres

August 18, 2020
IMG

Semua orang pasti pernah mengalami stres, merasa terbebani dengan suatu permasalahan atau lingkungan sekitar. Stres dapat menyebabkan masalah kesehatan, sehingga penting untuk mengetahui apa penyebab stres dan bagaimana cara menanganinya.

 

Sebenarnya, stres merupakan cara tubuh dalam merespon perubahan yang terjadi dalam hidup Anda. Karena kehidupan tidak selalu berjalan sesuai keinginan, stres dapat dialami siapa saja dan kapan saja. Stresor merupakan sebutan lain dari penyebab stres. Adapun penyebab stres bermacam-macam, mulai dari lingkungan kerja, hubungan percintaan, masalah finansial, masalah kesehatan, dan lainnya.

 

Seseorang memiliki ambang stres yang berbeda-beda. Mungkin bagi seseorang, masalah yang dihadapi membuatnya stres, tapi orang lain bisa saja menganggapnya sebagai tantangan. Beberapa situasi dapat menyebabkan stres, dan akan berujung pada kelelahan. Stres juga dapat berdampak pada kondisi kesehatan dan perubahan suasana hati.

 

Untuk itu, melakukan manajemen stres adalah solusi yang tepat. Stres dapat diatasi dengan berbagai cara. Merencanakan manajemen stres terbaik biasanya mencakup upaya menghilangkan stres fisik maupun pasikologis sehingga bisa meningkatkan kemampuan koping yang adaptif.

 

Berikut ini beberapa cara manajemen stres yang efektif:

 

1. Ubah persepsi tentang stres

Salah satu hal yang paling bermanfaat adalah mengubah pemahaman dan hubungan dengan stres. Pertama-tama, ketahui terlebih dahulu apa itu stres dan apa penyebab stres yang Anda alami.

 

Stres dapat dilihat sebagai peluang untuk tumbuh secara pribadi dan menjadi jalan bagi seseorang untuk memiliki lebih banyak kesenangan, kedamaian, pemenuhan, dan kepuasan dalam hidup. Perlahan-lahan, perspektif dan perasaan Anda mengenai stres akan berubah dari “kewalahan” menjadi “tertantang”.

 

Cara ini dapat dimulai dengan menghindari situasi penyebab stres, mengubah situasi yang menyebabkan stres, beradaptasi dengan situasi penyebab stres, hingga menerima kondisi yang tidak dapat Anda ubah. 

 

2. Mengembangkan kebiasaan yang dapat menghilangkan stres

Beberapa teknik memang dirasa kurang nyaman digunakan ketika Anda berada di tengah situasi yang penuh tekanan. Tetapi jika Anda berlatih secara teratur, Anda akan mampu mengelola stres secara umum dengan menjadi kurang reaktif terhadapnya dan lebih mampu membalikkan respons stres Anda dengan cepat dan mudah.

 

Mediasi seperti latihan pernapasan mungkin tidak membangun ketahanan Anda terhadap stres di masa depan atau meminimalkan stres yang Anda hadapi. Namun cara ini dapat membantu menenangkan fisiologi tubuh begitu respons stres dipicu.

 

Melakukan kebiasaan sehat jangka panjang, seperti rutin berolahraga dan makan teratur, dapat membantu meningkatkan ketahanan terhadap stres. Keterampilan komunikasi, keterampilan gaya hidup, dan pengembangan sikap positif juga dapat membantu dalam mengelola penyebab stres. 

 

3. Mencari dukungan sosial

Keluarga, pasangan, atau teman dekat dapat menjadi support system yang membantu Anda mengelola stres. Beristirahat, bercengkrama, menghabiskan cukup waktu bersama mereka, atau  menceritakan keluh kesah Anda kepada mereka juga dapat menjadi salah satu cara terbaik. Dukungan yang mereka berikan dapat memulihkan energi dan mengurangi stres yang Anda rasakan.

 

4. Meminta bantuan profesional

Jika Anda merasa tidak cukup mampu memanajemen stres sendiri, carilah pengobatan dengan mengunjungi psikolog atau profesional kesehatan mental lainnya yang terlatih dalam manajemen stres atau teknik biofeedback untuk mempelajari cara-cara sehat dalam mengatasi stres dalam hidup Anda.

 

 

 

Referensi:

Scott E. (2019). Higher fitness level can determine longer lifespan after age 70. Very Well Mind. Diakses pada 06 Agustus 2019.

Robinson L, Smith M, Segal R. (2019). Stress management: How to reduce, prevent, and cope with stress. Brain Line. Diakses pada 06 Agustus 2019.

Ley, Jonathan. (2019). A new way to look at stress to improve health outcomes. Dr Axe. Diakses pada 06 Agustus 2019.

Bhandari, Smitha. (2019). Stress management. WebMD. Diakses pada 06 Agustus 2019. 


Tags: