fbpx
LOGO

Batasan Minuman yang Bisa Diterima Tubuh

October 15, 2020
IMG

Memasuki musim panas dan kemarau, siapapun tergoda untuk meneguk minuman dingin, termasuk minuman bersoda (soft drink). Namun, tiba-tiba Anda teringat bahaya minuman tersebut dan memutuskan untuk tidak mengonsumsinya sama sekali.

 

Ketika membicarakan peningkatan gizi dan nutrisi tubuh, perintah untuk membatasi asupan kalori cair seringkali digaungkan, sehingga mungkin Anda juga menghindari minum soda dan jus.

 

Tindakan Anda memang ada benarnya untuk membuat tubuh menjadi lebih sehat. Namun bagi sebagian orang membatasi minuman tanpa pemanis dan diet nol kalori dapat menyebabkan perasaan serius seperti kekurangan makanan, dan membuatnya lebih sulit untuk mempraktikkan kebiasaan nutrisi yang sehat. 

 

Alih-alih menahan diri untuk mengonsumsi minuman yang dilarang, akan lebih baik mengonsumsi minuman sesuai porsi yang direkomendasikan.

 

 

Minuman yang baik untuk diminum

 

1. Air putih

Tubuh manusia terdiri dari sebagian besar air, sehingga air sangat penting bagi fungsi organ dan kelangsungan hidup. Air putih meliputi air mineral, air alkali, air suling, air RO (reverse osmosis), air isi ulang.

 

Namun, apakah meminum air delapan gelas sehari adalah rekomendasi yang tepat?

 

Meskipun tidak didukung oleh bukti ilmiah yang cukup kuat, mencukupi asupan air akan sangat bermanfaat bagi tubuh. Untuk mencukupi kebutuhan air harian, minumlah air ketika haus dengan cara menyesap bukan menenggak.

 

Minumlah satu atau dua gelas ketika makan, dan ingat bahwa semua tipe air (tawar, minuman manis, berkarbonasi) harus diperhitungkan.

 

2. Infused water dan minuman dengan pemanis alami

Cobalah tambahkan citrus, beri-berian, daun mint, atau jahe ke dalam minuman Anda untuk menciptakan infused water dengan perasa alami. Selain lebih sehat, Anda bisa mendapat rasa yang diinginkan. 

 

3. Air berkarbonasi (tidak dimaniskan atau dengan pemanis alami)

Air berkarbonasi dan infused water mungkin menyehatkan, namun Ph nya yang rendah dapat menyebabkan gigi keropos jika dikonsumsi dalam jumlah besar secara rutin.

 

Rekomendasi mengonsumsi minuman ini adalah hingga 500ml per hari. 

 

4. Teh tawar

Teh mengandung senyawa bermanfaat seperti antioksidan yang dapat mempromosikan kesehatan tubuh. Misalnya, teh hitam mampu menurunkan risiko stroke.

 

5. Kopi tawar

Kopi tawar tidak berarti memiliki rasa yang membosankan. Kopi tawar berarti Anda tidak menambahkan krim, gula, dan tambahan lain yang berpotensi mengurangi manfaat kesehatan.

 

Anda dapat mencoba Americano, Espresso, es kopi, atau kopi instan.

 

6. Kefir tawar

Kefir merupakan minuman fermentasi yang mengandung probiotik dan komponen bioaktif. Mengonsumsi kefir dipercaya dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dan meningkatkan penyerapan nutrisi.

 

7. Shake super atau protein shake

Minuman yang dikhususkan untuk pemulihan dan performa ini disarankan untuk diminum satu atau dua porsi sehari.

 

 

Minuman yang tidak boleh diminum secara berlebihan

 

Daftar minuman ini sebenarnya baik dan aman diminum, namun tidak disarankan untuk diminum dalam dosis tinggi.

 

1. Jus sayur: Dapat menyebabkan kekenyangan karena mengandung banyak nutrisi dan serat.

2. Air dengan pemanis buatan

3. Soda diet, air berkarbonasi, dan minuman energi dengan pemanis buatan

4. Teh dan kopi yang sedikit dimaniskan atau ditambah krim

5. Kefir dengan tambahan rasa atau yang dimaniskan

6. Plant milk (susu kedelai, susu kelapa, susu almond) dan dairy milk tawar

7. Protein shake

8. Sport drink atau minuman berenergi dengan pemanis buatan atau rasa ringan

9. Air kelapa dengan gula tambahan

 

 

Minuman yang disarankan untuk diminum sesekali

 

1. Jus buah segar atau kemasan: Disarankan meminumnya satu gelas sehari karena mengandung gula, sedikit serat, dan nutrisi daripada buah utuh.

2. Soda, minuman tonik, dan minuman berenergi yang dimaniskan

3. Air tonik

4. Teh dan kopi dengan banyak pemanis atau tambahan krim

5. Milkshake, plant milk dan dairy milk yang dimaniskan dan tambahan rasa

6. Smoothies

7. Sport drink atau energy drink manis

8. Alkohol

 

Setiap minuman beralkohol sangat tidak disarankan untuk diminum terlalu sering. Alkohol tidak memiliki manfaat kesehatan pada tubuh, dan kadar alkohol berlebih dapat sangat membahayakan.

 

Bagi Anda yang mengonsumsi alkohol, batasi konsumsi maksimal 7 kali untuk perempuan dan 14 kali untuk laki-laki.

 

 

Rekomendasi diatas membuktikan bahwa minuman yang dibatasi tidak benar-benar berbahaya.  Hal ini juga dapat membuat Anda menikmati minuman tanpa ragu dan takut akan bahaya yang tersembunyi dibaliknya.

 

 

Rekomendasi minuman harian

 

Jika Anda ingin menikmati seluruh minuman dalam sehari tanpa overdosis, Anda dapat menakarnya dengan batasan minuman harian berikut ini:

 

Konsumsi air putih hingga 1500 ml

Konsumsi teh atau kopi (yang dimaniskan atau tidak) hingga maksimal 710 ml

• Konsumsi susu (plant atau dairy yang tidak dimaniskan) hingga maksimal 473 ml

Konsumsi jus atau miunuman bersoda hingga maksimal 354 ml

 

Takaran tersebut akan sesuai dengan rekomendasi total asupan harian yaitu 100 ons atau 3000 ml.

 

Preferensi dan gaya hidup setiap orang juga berbeda-beda, jadi usahakan Anda membuat tabel preferensi dan mencatat apa saja yang ingin Anda konsumsi dengan mempertimbangkan catatan diatas.

 

Anda mungkin ingin meminum minuman yang belum pernah Anda coba atau menyesuaikan minuman sesuai kebutuhan, seperti atlet yang meminum sport drink lebih sering.

 

Dalam hal ini, Anda dapat meminumnya di saat tubuh dalam kondisi baik atau buruk, lalu perhatikan reaksi yang dihasilkan tubuh, apakah baik atau buruk dalam segi fisik maupun mental.

 

 

Referensi

Pierre BS. (2019). ‘What should i drink?!’ your complete guide to liquid nutrition. Precision Nutrition. Diakses pada 29 Oktober 2019. 


Tags: