fbpx
LOGO

Dari Pizza Hingga Mentimun, Inilah Daftar Makanan yang Bikin Ketagihan

August 12, 2020
IMG

Obesitas adalah isu kesehatan dunia dan kecanduan makanan dikatakan ikut berkontribusi terhadap masalah tersebut. Sebanyak 20% orang diduga mengalami perilaku kecanduan makan. Kecanduan makanan memiliki mekanisme yang sama dengan pecandu narkoba yang kecanduan terhadap narkoba. 

 

Kalian mungkin bertanya-tanya kenapa ada makanan yang membuat ketagihan, membuat Anda tidak bisa berhenti mengunyah sejak gigitan pertama. Hal ini disebabkan makanan tersebut telah direkayasa menjadi hyperpalatable atau memiliki rasa yang sangat enak, dengan kombinasi yang tepat dari karbohidrat olahan seperti tepung, gula dan lemak untuk memicu pusat pengendalian otak Anda dan membuat Anda terus menginginkannya. 

 

Sebuah penelitian kecanduan makanan dilakukan di  University of Michigan, yang melibatkan 518 peserta. Penelitian tersebut menggunakan Yale Food Addiction Scale (YFAS), alat yang paling umum digunakan untuk menilai kecanduan makanan. Para peserta diberikan 35 daftar jenis makanan, baik olahan maupun tidak, dan memberikan penilaian dari 1 untuk “sama sekali tidak membuat ketagihan” dan 7 untuk “sangat membuat ketagihan”, dan hasilnya cukup jelas.

 

Nicole Avena, PhD, salah satu peneliti yang tergabung, mengatakan makanan olahan yang tinggi gula dan lemak berada di urutan teratas, sementara makanan yang tidak dimasak berada jauh di peringkat terbawah. 

 

Pizza menempati peringkat pertama dengan nilai 4.01, cokelat di posisi kedua dengan nilai 3.73, keripik kentang, kue kering (cookies), dan es krim menempati urutan selanjutnya dengan nilai masing-masing 3.73, 3.71, dan 3.68. Sementara peringkat tertinggi untuk makanan yang tidak diproses berada di peringkat 19 dan ditempati oleh kacang (2.47), dan peringkat terakhir atau peringkat 35 ditempati oleh timun (1.53).

 

Berikut ini urutan makanan yang paling membuat ketagihan hingga yang tidak membuat ketagihan, menurut penelitian:

Pizza (4.01)

Cokelat (3,73)

Keripik (3,73)

Cookie (3,71)

Es Krim (3.68)

Kentang goreng (3,60)

Burger Keju (3.51)

Soda  (3.29)

Kue (3.26)

Keju (3,22)

Bacon (3.03)

Ayam goreng (2,97)

Roti plain rolls (2.73)

Popcorn (mentega) (2.64)

Sereal sarapan (2,59)

Permen kunyah (gummy candy) (2,57)

Steak (2,54)

Muffin (2,50)

Kacang (2,47)

Telur (2,18)

Dada ayam (2,16)

Pretzel (2.13)

Kerupuk (2.07)

Air (1.94)

Granola bar (1.93)

Stroberi (1.88)

Jagung (tanpa mentega atau garam) (1,87)

Salmon (1,84)

Pisang (1.77)

Brokoli (1,74)

Nasi merah (1,74)

Apel (1,66)

Kacang (1,63)

Wortel (1,60)

Ketimun (1,53)

 

 

 

Untuk peringkat pertama hingga lima, Avena menyarankan untuk mengganti bahan-bahan yang terkandung didalamnya. Pizza, contohnya, gunakan bahan yang lebih segar dan mudah diproses saat dikombinasikan dengan keju. Ia menyontohkannya dengan kembang kol.

 

Dark chocolate merupakan pilihan cokelat yang tepat, karena cokelat susu mengandung terlalu banyak lemak dan gula. Anda juga dapat mengurangi gula pada adonan kue kering buatan Anda. 

 

Mengonsumsi keripik dengan rendah garam juga dapat dilakukan untuk membantu mengurangi konsumsi berlebih. Sementara untuk es krim, Avena menyarankan untuk membelinya dengan porsi kecil. Anda juga dapat membuat es krim sendiri dari kombinasi susu, pisang beku, dan cokelat.

 

 

Kesimpulan

 

Kecanduan makanan atau perilaku makan berlebih merupakan masalah serius yang dipicu oleh makanan tertentu. Hal ini dikarenakan makanan tersebut telah direkayasa sedemikian rupa sehingga otak mengeluarkan sinyal untuk tidak berhenti makan.

 

Saat Anda melakukan diet, ada beberapa alasan yang mendasari untuk mengonsumsi makanan murni atau yang tidak diproses, karena itu akan melepaskan sejumlah bahan kimia rasa-enak yang tepat, sambil memastikan bahwa Anda tidak makan berlebihan. Pada akhirnya, Anda lah yang harus mengontrol apa yang dimakan.  

 

 

References:

Bjarnadottir, Adda. (2017). The 18 most addictive foods (and the 17 least addictive). Diakses pada 30 Juli 2019.

Yeager, Selene. (2018). The 10 most addictive foods and how to stop eating them. Diakses pada 30 Juli 2019.


Tags: