fbpx
LOGO

Hoax atau Fakta: Air Lemon Memiliki Banyak Manfaat Kesehatan bagi Tubuh

October 6, 2020
IMG

Lemon merupakan salah satu buah yang kaya akan vitamin C, serat, dan senyawa bermanfaat lainnya. Mengonsumsi lemon dapat menghasilkan manfaat seperti membantu menurunkan berat badan, menjaga kesehatan pencernaan, menjaga kesehatan jantung, dan banyak lainnya.

 

Dalam beberapa tahun terakhir, konsumsi air lemon telah menjadi tren kesehatan. Air lemon bisa menjadi alternatif teh dan kopi untuk memulai aktivitas harian. 

 

Beberapa klaim tentang air lemon membuatnya tampak sangat ajaib, begitupula dengan banyak bukti anekdotal yang mendukungnya. Tetapi, apakah air lemon benar-benar memiliki manfaat kesehatan? Berikut ini kami akan memeriksa kebenaran klaim tersebut.

 

1. Detoksifikasi tubuh

Detoksifikasi adalah proses alami tubuh untuk menghilangkan racun. Nutrisi dan agen bioaktif lainnya dalam makanan dapat memengaruhi enzim detoksifikasi di hati. 

 

Sebuah uji coba hewan menemukan bahwa senyawa limonene dalam lemon menghasilkan efek detoksifikasi (1). Namun dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikannya pada manusia.

 

2. Meningkatkan energi dan suasana hati

Asam sitrat dalam lemon mengandung ion negatif dengan jumlah besar. Ion negatif dapat mengimbangi kelebihan ion positif di lingkungan sekitar. Hal ini bermanfaat untuk mencegah terjadinya berbagai penyakit, termasuk kelelahan dan suasana hati yang buruk.

 

Penelitian yang dilakukan dengan subjek manusia menemukan bahwa rendahnya ion negatif menjadi parameter depresi. Namun, kualitas penelitian tersebut buruk dan terdapat kemungkinan bias penelitian sehingga bukti penelitiannya tidak dapat dijadikan patokan (3).

 

Meskipun ion negatif dapat mengatasi depresi, tidak berarti hanya dengan mengonsumsi air lemon efektif meningkatkan suasana hati. Beberapa penelitian menemukan menghirup minyak lemon mungkin dapat meningkatkan suasana hati, tetapi buktinya lemah (4).

 

Salah satu cara di mana air lemon berpotensi mempengaruhi suasana hati adalah dengan memperbaiki kekurangan vitamin C. Kekurangan vitamin C yang parah akan menyebabkan penyakit kudis disertai gejala gangguan emosional. Lemon juga digunakan sebagai profilaksis (pencegahan penularan penyakit) bagi pelaut dalam perjalanan panjang (5, 6).

 

Maka dapat disimpulkan perlu penelitian lebih lanjut untuk mengetahui hubungan air lemon dengan peningkatan suasana hati dan energi.

 

 

3. Membantu memperlancar pencernaan

Konsumsi air lemon di pagi hari dapat dijadikan pencahar untuk membantu mencegah sembelit. Minum air lemon hangat atau panas sebelum sarapan dapat membantu memperlancar sistem pencernaan.

 

Mengonsumsi jus lemon dapat meningkatkan sekresi asam empedu, membantu motilitas usus dan memfasilitasi penyerapan asam lemak dan vitamin yang larut dalam lemak (7). 

 

Mengonsumsi makanan asam memang dapat mengurangi laju pengosongan lambung, namun tidak berdampak pada pencernaan yang lebih baik melainkan dalam penyerapan mikronutrien yang lebih baik dan penyerapan karbohidrat yang lebih lambat (8).

 

Terdapat klaim bahwa air lemon mengandung serat. Tetapi, serat dalam satu buah lemon utuh tidak cukup menghasilkan manfaat pada sistem pencernaan. Hingga k ini masih sedikit bukti yang ditemukan bahwa mengonsumsi air lemon membantu dalam memperlancar sistem pencernaan.

 

4. Membantu menurunkan berat badan

Air lemon seringkali dijadikan minuman dalam diet untuk menurunkan berat badan. Pada diet ini, air lemon difungsikan sebagai detoksifikasi tubuh disertai dengan membatasi konsumsi makanan.

 

Cara tersebut memang dapat menurunkan berat badan dengan cepat, namun bukan lemak yang hilang melainkan air dalam tubuh. Sayangnya, penurunan berat badan karena kekurangan air disebabkan karena kurangnya asupan karbohidrat.

 

Jika tubuh tidak mendapatkan asupan karbohidrat yang cukup, simpanan glikogen Anda habis dalam satu atau dua hari dan dapat menyebabkan penurunan berat badan beberapa kilogram secara tiba-tiba (9). Namun, begitu Anda melanjutkan makan secara normal maka glikogen dan air akan kembali normal sehingga angka timbangan Anda kembali ke sedia kala.

 

Adapun dalam beberapa penelitian membuktikan bahwa orang lanjut usia yang meminum air lemon sebelum makan dapat mengurangi porsi makan (9, 10, 11).

 

5. Membantu mencegah kanker

Lemon mengandung banyak phytochemical yang dapat menginterupsi proses terjadinya kanker dan penyakit kardiovaskular.

 

100 ml jus lemon mengandung rata-rata 20,5 mg hesperidin. Sebuah penelitian melaporkan bahwa konsumsi hesperidin 500 mg per hari dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi faktor risiko penyakit jantung, sedangkan (12, 13). 

 

Maka dari itu hanya mengonsumsi air lemon tidak cukup untuk menghasilkan manfaat tersebut.

 

6. Mencegah pilek

Lemon mampu mencegah pilek karena vitamin C yang terkandung di dalamnya. Uji coba pada hewan membuktikan senyawa pada buah lemon dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh (14).

 

Namun pada manusia, vitamin C dapat mengurangi durasi pilek jika dikonsumsi secara konsisten dan dalam dosis tinggi (15).

 

7. Mencegah terjadinya batu ginjal

Asam sitrat dalam lemon dapat mencegah pembentukan dengan mengurangi pertumbuhan kalsium oksalat dan kalsium fosfat pada ginjal. Rendahnya sitrat pada urin dapat berdampak risiko terjadinya batu ginjal.

 

Dalam sebuah penelitian, mengonsumsi 85 ml jus lemon terbukti meningkatkan sitrat kemih sebanyak dosis klinis kalium sitrat, meskipun dosis efektif minimum untuk pencegahannya belum diketahui (16).

 

Sayangnya, efek ini belum diuji secara luas dan memerlukan penelitian yang lebih banyak. 

 

 

Berdasarkan hasil diatas, dapat disimpulkan bahwa klaim kesehatan pada air lemon masih banyak yang belum terbukti.

 

Meskipun air lemon dosis tinggi memiliki efek kesehatan, konsumsi air lemon memiliki efek negatif seperti erosi pada enamel gigi dan sakit perut. Mungkin saja jus lemon atau air lemon memiliki efek samping lain, sehingga Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya. 

 

 

Referensi:

Brown W. (2019). Lemon water: Is it good for you?. Examine. Diakses pada 04 Oktober 2019.

McDermott, Annette. (2018). 7 Ways your body benefits from lemon water, diakses dari https://www.healthline.com/health/food-nutrition/benefits-of-lemon-water pada 04 Oktober 2019.

West, Helen. (2019). 6 Evidence-based health benefits of lemons, diakses dari https://www.healthline.com/nutrition/6-lemon-health-benefits pada 04 Oktober 2019.

Reicks MM, Crankshaw D. Effects of D-limonene on hepatic microsomal monooxygenase activity and paracetamol-induced glutathione depletion in mouse. Xenobiotica. (1993).

Perez V, Alexander DD, Bailey WH. Air ions and mood outcomes: a review and meta-analysis. BMC Psychiatry. (2013).

Komiya M, Takeuchi T, Harada E. Lemon oil vapor causes an anti-stress effect via modulating the 5-HT and DA activities in mice. Behav Brain Res. (2006).

Gariballa S. Poor vitamin C status is associated with increased depression symptoms following acute illness in older people. Int J Vitam Nutr Res. (2014).

Carr AC, Bozonet SM, Pullar JM, Vissers MC. Mood improvement in young adult males following supplementation with gold kiwifruit, a high-vitamin C food. J Nutr Sci. (2013). 

Cherng SC, Chen YH, Lee MS, Yang SP, Huang WS, Cheng CY. Acceleration of hepatobiliary excretion by lemon juice on 99mTc-tetrofosmin cardiac SPECT. Nucl Med Commun. (2006). 

Müller M, Canfora EE, Blaak EE. Gastrointestinal transit time, glucose homeostasis and metabolic health: Modulation by dietary fibers. Nutrients. (2018).

Kreitzman SN, Coxon AY, Szaz KF. Glycogen storage: illusions of easy weight loss, excessive weight regain, and distortions in estimates of body composition. Am J Clin Nutr. (1992). 

Dennis EA, Dengo AL, Comber DL, Flack KD, Savla J, Davy KP, Davy BM. Water consumption increases weight loss during a hypocaloric diet intervention in middle-aged and older adults. Obesity (Silver Spring). (2010). 

Van Walleghen EL, Orr JS, Gentile CL, Davy BM. Pre-meal water consumption reduces meal energy intake in older but not younger subjects. Obesity (Silver Spring). (2007).

Davy BM, Dennis EA, Dengo AL, Wilson KL, Davy KP. Water consumption reduces energy intake at a breakfast meal in obese older adults. J Am Diet Assoc. (2008).

Homayouni F, Haidari F, Hedayati M, Zakerkish M, Ahmadi K. Blood pressure lowering and anti-inflammatory effects of hesperidin in type 2 diabetes; a randomized double-blind controlled clinical trial. Phytother Res. (2018). 

Gattuso G, Barreca D, Gargiulli C, Leuzzi U, Caristi C. Flavonoid composition of citrus juices. Molecules. (2007). 

Kamboh AA, Hang SQ, Khan MA, Zhu WY. In vivo immunomodulatory effects of plant flavonoids in lipopolysaccharide-challenged broilers. Animal. (2016).

Hemilä H, Chalker E. Vitamin C for preventing and treating the common cold. Cochrane Database Syst Rev. (2013). 

Phillips R, Hanchanale VS, Myatt A, Somani B, Nabi G, Biyani CS. Citrate salts for preventing and treating calcium containing kidney stones in adults. Cochrane Database Syst Rev. (2015).