fbpx
LOGO

Manfaat Nitrat Oksida dan Suplemen Oksida Nitrat Terbaik

August 18, 2020
IMG

Nitrat oksida atau NO (kadang-kadang ditulis sebagai NO2) adalah senyawa alami pada tubuh yang bertindak sebagai vasodilator.

 

Vasodilator artinya melemaskan otot-otot dalam pembuluh darah, menyebabkan pembuluh melebar, dan memungkinkan aliran darah lebih besar. Dengan cara ini, oksida nitrat meningkatkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah serta membantu menjaga kesehatan pembuluh darah.

 

Suplemen nitrat oksida telah populer selama hampir dalam 20 tahun untuk nutrisi olahraga. Secara teknis, suplemen ini tidak mengandung NO, melainkan senyawa lain yang berfungsi meningkatkan produksi oksida nitrat dalam tubuh.

 

Salah satu suplemen populer yang digunakan untuk meningkatkan produksi oksida nitrat yakni L-citrulline, sitrulin malate (bentuk lain dari sitrulin), L-arginine, dan koenzim Q10 (CoQ10).

 

 

Manfaat

 

1. Menjaga Tekanan Darah

Sayuran dan buah-buahan mengandung beberapa senyawa, seperti nitrat dan flavonoid yang dapat membantu mengontrol tekanan darah dengan meningkatkan kadar oksida nitrat.

 

Dalam sebuah meta-analisis pada tahun 2018 tentang L-citrulline didapatkan bahwa mengonsumsi suplemen selama enam minggu atau lebih secara signifikan membantu menurunkan tekanan darah, baik sistolik maupun diastolik (1)

 

British Journal of Sports Medicine juga melaporkan temuan yang sama. Suplementasi L-arginine dengan dosis 6 g per hari meningkatkan performa time trial 20 km dan mengurangi konsumsi O2 selama performa time trial, selain itu juga menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik pada pengendara sepeda (cycler) (2).

 

2. Meningkatkan Kinerja Latihan

Nitrit oksida terlibat dalam banyak proses sel, termasuk pelebaran pembuluh darah, atau vasodilatasi. Pembuluh darah yang lebih luas membantu meningkatkan pengiriman nutrisi dan oksigen ke otot yang bekerja selama latihan, sehingga meningkatkan kinerja olahraga. Hal ini yang membuat suplemen NO populer di kalangan atlet dan penggemar olahraga rekreasi.

 

Suplemen ini sering mengandung beberapa bahan yang dikatakan dapat meningkatkan oksida nitrat seperti nitrat atau asam amino L-arginine dan L-citrulline.

 

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Applied Physiology menemukan bahwa pelari yang mengonsumsi suplemen L-arginin secara signifikan meningkatkan nitrat oksida (NO) plasma dan menurunkan tekanan darah sistolik, menghasilkan penurunan konsumsi oksigen pada siklus latihan intensitas sedang bersamaan dengan pengurangan VO2 selama latihan intensitas berat (3).

 

Pada tahun 2017, European Journal of Clinical Nutrition melaporkan bahwa kelompok pemain sepak bola yang menggunakan suplemen L-arginine sebanyak 2 gram per hari secara signifikan meningkatkan kinerja aerobik mereka dibandingkan kelompok plasebo. Selain itu pada penelitian ini tidak ditemukan efek konsumsi L-arginine terhadap pengukuran antropometri seperti BMI, BFM, dan LBM (4).

 

Sementara itu, sebuah percobaan dalam European Journal of Nutrition menyimpulkan bahwa sitrulin malate meningkatkan ketahanan kinerja latihan beban pada wanita baik latihan tubuh bagian atas maupun bawah (5).

 

Pada penelitian lain menunjukkan bahwa suplementasi L-citrulline, yang diubah menjadi L-arginin di ginjal, endotel vaskular dan sel-sel lain merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan kadar L-arginin pada plasma dan jaringan. Jika diberikan secara oral, suplemen L-citrulline lebih efektif daripada L-arginine dalam meningkatkan sirkulasi L-arginine karena dapat melewati metabolisme di saluran pencernaan dan hati (6).

 

3. Membantu Mengurangi Nyeri Otot

Suatu bentuk L-citrulline yang disebut sitrulin malate tidak hanya meningkatkan produksi oksida nitrat, tetapi juga mengurangi nyeri otot. Dalam satu penelitian acak terkontrol, 41 orang menerima 8 gram sitrulin malate atau plasebo satu jam sebelum melakukan sebanyak mungkin pengulangan latihan barbell bench press datar (7).

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok sitrulin malate melaporkan 40% lebih sedikit nyeri otot pada 24 dan 48 jam setelah latihan dibandingkan dengan mereka yang menggunakan plasebo.

 

Sitrulin malate meningkatkan produksi oksida nitrat, yang meningkatkan aliran darah ke otot-otot aktif. Pada gilirannya, sitrulin malate dianggap meningkatkan pengiriman nutrisi dan membersihkan produk-produk limbah yang berhubungan dengan kelelahan otot seperti laktat dan amonia (8).

 

4. Membantu Membentuk Otot

Sebuah penelitian tahun 2018 membuktikan bahwa kombinasi glutathione dengan L-citrulline dapat meningkatkan otot secara signifikan (9).

 

Lebih lanjut, penelitian sebelumnya juga menunjukkan bahwa suplementasi sitrulin malate membantu meningkatkan kekuatan genggaman dan siklus aerobik pada pemain tenis wanita. Selain itu tidak ditemukan efek samping pada penelitian ini (10).

 

5. Membantu Mengobati Disfungsi Ereksi

Disfungsi ereksi (DE) adalah ketidakmampuan untuk mencapai atau mempertahankan ereksi yang cukup kuat untuk hubungan seks. Nitrat oksida berperan penting dalam fungsi ereksi, yaitu melemaskan otot-otot di penis. Beberapa suplemen, termasuk L-citrulline, L-arginine dan pycnogenol telah terbukti meningkatkan kadar oksida nitrat pada pria dengan disfungsi ereksi (DE).

 

Dalam sebuah penelitian, L-citrulline dapat meningkatkan kekerasan ereksi pada 12 pria dengan disfungsi ereksi ringan. Meski kurang efektif jika dibandingkan dengan obat yang digunakan untuk mengobati disfungsi ereksi seperti Viagra, L-citrulline terbukti aman dan dapat ditoleransi dengan baik (11).

 

Dalam beberapa penelitian, kombinasi L-arginin dan pycnogenol secara signifikan meningkatkan fungsi seksual pada pria dengan disfungsi ereksi. Mengombinasikan keduanya juga dikatakan aman dan tidak menimbulkan efek samping (12, 13, 14, 15).

 

 

 

Sumber

 

Selain diproduksi secara alami, oksida nitrat juga terkandung didalam:

Bayam

Seledri

Daging

Jeruk

Semangka

Polong-polongan

Arugula

 

Namun, kandungan oksida nitrat dalam sumber makanan tidak stabil dan mudah terpecah. Oleh karena itu disarankan untuk mengonsumsi suplemen untuk meningkatkan oksida nitrat dalam tubuh.

 

 

Dosis

 

Untuk membentuk otot, meningkatkan energi, dan mengurangi nyeri otot, disarankan untuk mengonsumsi suplemen oksida nitrat 1 hingga 2 jam sebelum memulai berolahraga.

 

Untuk dosis suplemen, disarankan untuk mengikuti petunjuk penggunaan yang tercantum pada kemasan atau berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

 

 

Efek Samping

 

Perut tidak nyaman

Diare

Warna urin dan feses lebih gelap (tidak berbahaya).

 

 

Kontraindikasi

 

Anak-anak, ibu hamil atau menyusui, dan orang dengan kondisi medis tertentu disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. 

 

Suplemen oksida nitrat mungkin dapat berinteraksi dengan obat-obatan lain. Disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

 

 

Referensi:

Onnit Academy. (2019). The total guide to nitric oxide foods & supplements. Onnit. Diakses pada 01 Agustus 2019.

Walle, G. V. D. (2018). 5 Ways nitric oxide supplements boost your health and performance. Healthline. Diakses pada 01 Agustus 2019.

Ranchordas MK, Whitehead T. Effect of acute L-arginine supplementation on 20 km time trial performance in competitive male cyclists. British Journal of Sports Medicine. (2011). 

Bailey SJ, Winyard PG, Vanhatalo A, Blackwell JR, DiMenna FJ, Wilkerson DP, Jones AM. Acute l-arginine supplementation reduces the O2 cost of moderate-intensity exercise and enhances high-intensity exercise tolerance. Journal of Applied Physiology. (2010).

Pahlavani N, Entezari MH, Nasiri M, et al. The effect of l-arginine supplementation on body composition and performance in male athletes: a double-blinded randomized clinical trial [published correction appears in Eur J Clin Nutr. 2017 Aug;71(8):1028]. Eur J Clin Nutr. (2017). 

Glenn JM, Gray M, Wethington LN, et al. Acute citrulline malate supplementation improves upper- and lower-body submaximal weightlifting exercise performance in resistance-trained females. Eur J Nutr. (2017). 

Romero MJ, Platt DH, Caldwell RB, Caldwell RW. Therapeutic use of citrulline in cardiovascular disease. Cardiovasc Drug Rev. (2006). 

Pérez-Guisado J, Jakeman PM. Citrulline malate enhances athletic anaerobic performance and relieves muscle soreness. J Strength Cond Res. (2010). 

Takeda K, Machida M, Kohara A, Omi N, Takemasa T. Effects of citrulline supplementation on fatigue and exercise performance in mice. J Nutr Sci Vitaminol (Tokyo). (2011). 

Hwang P, Marroquín, FEM, Gann J. et al. Eight weeks of resistance training in conjunction with glutathione and L-Citrulline supplementation increases lean mass and has no adverse effects on blood clinical safety markers in resistance-trained males. J Int Soc Sports Nutr. (2018). 

Cormio L, De Siati M, Lorusso F, et al. Oral L-citrulline supplementation improves erection hardness in men with mild erectile dysfunction. Urology. (2011). 

Stanislavov R, Nikolova V. Treatment of erectile dysfunction with pycnogenol and L-arginine. J Sex Marital Ther. (2003).

Kobori Y, Suzuki K, Iwahata T, et al. Improvement of seminal quality and sexual function of men with oligoasthenoteratozoospermia syndrome following supplementation with L-arginine and Pycnogenol®. Arch Ital Urol Androl. (2015). 

Yagi H, Sato R, Nishio K, Arai G, Soh S, Okada H. Effects of a supplement combining Pycnogenol® and l-arginine aspartate on lower urinary dysfunction compared with saw palmetto extract. J Tradit Complement Med. (2016). 

Stanislavov R, Nikolova V, Rohdewald P. Improvement of erectile function with Prelox: A randomized, double-blind, placebo-controlled, crossover trial. Int J Impot Res. (2008). 


Tags: , , ,