fbpx
LOGO

Manfaat PQQ Sebagai Nootropik

September 16, 2020
IMG

PQQ (Pyrroloquinoline Quinone) adalah kofaktor enzim, dan satu-satunya nutrisi yang dikenal untuk memfasilitasi pertumbuhan mitokondria baru dalam sel-sel otak.

 

PQQ merupakan salah satu obat nootropik. Nootropik adalah suplemen yang bekerja sebagai penguat otak, diantaranya termasuk meningkatkan fungsi kognisi, memori, kemampuan belajar, fokus, mengurangi stres, dan tanpa menghasilkan efek samping yang signifikan. 

 

Sebagai contoh, PQQ yang terkandung di dalam hati sapi menyebabkan suasana hati lebih baik dan mampu meningkatkan memori di waktu bersamaan. Efek yang sama bahkan lebih baik bisa didapat melalui mengkonsumsi suplemen PQQ, tanpa mengkonsumsi hati sapi. 

 

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai nootropik, Anda dapat membaca artikel kami lainnya dengan judul Apa itu nootropik?

 

Sebagai nootropik, penelitian telah membuktikan bahwa kemampuan PQQ untuk meningkatkan kepadatan mitokondria, mengurangi peradangan dan stres oksidatif, serta meningkatkan pembelajaran dan memori.

 

PQQ juga memiliki efek antioksidan yang lebih kuat daripada Vitamin C. Mengonsumsi suplemen PQQ dapat meningkatkan energi otak dan memberikan manfaat anti-penuaan. Jika tidak mengkonsumsi PQQ maka dapat mempercepat kerusakan pada mitokondria dan membuat sel-sel otak menua lebih cepat. 

 

 

Manfaat PQQ

 

Beberapa manfaat dari mengkonsumsi PQQ untuk tubuh Anda yaitu sebagai berikut:

 

1. Menjaga kesehatan otak

PQQ terbukti mencegah kerusakan sel serta membantu pertumbuhan mitokondria dan neuron baru (1, 2). Kerusakan mitokondria dapat menyebabkan kabut otak, masalah kognisi, daya ingat yang buruk, dan berakhir pada penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer, Parkinson, Huntington, stroke, dan lainnya.

 

Pada uji coba hewan tikus, pemberian kombinasi PQQ dan vitamin E terbukti memengaruhi penyembuhan saraf yang terluka dan mendorong regenerasi saraf (3).

 

2. Meningkatkan fungsi otak

PQQ efektif dalam meningkatkan fungsi otak, terlebih jika dikombinasikan dengan koenzim Q10 (CoQ10). Kombinasi ini pertama kali diamati dalam penelitian pada hewan, dan selanjutnya ditunjukkan dalam penelitian double-blind, terkontrol plasebo di Jepang.

 

Hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa mengombinasikan 200 mg PQQ dengan 300 mg CoQ10  mampu meningkatkan fungsi kognitif pada partisipan paruh baya dan lansia usia 40-70 tahun. Hal ini dikarenakan PQQ dan CoQ10 terlibat dalam fungsi mitokondria (4).

 

3. Meningkatkan memori

Dalam sebuah penelitian, penggunaan PQQ secara tunggal maupun dikombinasikan dengan CoQ10 memiliki potensi untuk mencegah, atau bahkan membalikkan penurunan fungsi kognitif yang disebabkan oleh penuaan dan stres oksidatif.

 

Peneliti memberikan 20 mg PQQ dan 100 mg CoQ10 per hari selama 24 minggu kepada 65 partisipan berusia 50 – 70 tahun.

 

Penelitian tersebut menyimpulkan bahwa PQQ tidak hanya berguna meningkatkan memori, tetapi juga fungsi otak seperti kesadaran spasial. Efek dari PQQ akan lebih meningkat ketika suplemen tersebut dikombinasikan dengan CoQ10 (5).

 

4. Meningkatkan suasana hati

Penelitian di Jepang menyelidiki efektivitas PQQ terhadap stres, kelelahan, kualitas hidup dan tidur. Terdapat 17 partisipan pria dan wanita dewasa yang terlibat di dalamnya diberikan 20 mg PQQ setiap hari selama 8 minggu.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa PQQ mampu meningkatkan kualitas dan durasi tidur, meningkatkan suasana hati, berkurangnya kelelahan, perubahan positif pada nafsu makan, serta berkurangnya rasa sakit dan obsesi  (6).

 

 

 

Sumber Alami PQQ

 

Beberapa makanan yang sering Anda jumpai mengandung PQQ, antara lain:

Makanan fermentasi (seperti tempe, natto, dll)

Kentang

Bayam

Kacang-kacangan

Seledri 

Kakao

Kiwi

Pepaya

Peterseli

Anggur

• Air susu ibu (ASI).

 

 

Dosis Suplementasi PQQ yang Disarankan

 

Umumnya, dosis PQQ sebagai nootropik adalah 10 – 20 mg per hari.

 

 

Interaksi Sinerg

 

PQQ aman dikombinasikan dengan:

CoQ10: Untuk meningkatkan fungsi kognisi dan memori.

Sistein: Untuk meningkatkan efektivitas PQQ pada pasien kanker yang rentan terhadap induksi H2O2 dari PQQ.

 

 

Efek Samping

 

Dosis rendah PQQ kemungkinan dapat menyebabkan toksisitas kronis pada ginjal dan hati. Adapun dosis yang sangat tinggi dapat menyebabkan kematian akut. Disarankan untuk menggunakan PQQ sesuai dosis yang direkomendasikan.

 

 

Kontraindikasi

 

PQQ tidak dianjurkan dikonsumsi oleh ibu hamil, ibu menyusui, dan orang dengan riwayat medis tertentu. DIanjurkan berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen PQQ.

 

 

Referensi

Tomen D. (2018). Pqq. Nootropics Expert. Diakses pada 19 September 2019.

Patel K. (2018). Pyrroloquinoline quinone. Examine. Diakses pada 19 September 2019.

Chowanadisai W, Bauerly KA, Tchaparian E, Wong A, Cortopassi GA, Rucker RB. Pyrroloquinoline quinone stimulates mitochondrial biogenesis through cAMP response element-binding protein phosphorylation and increased PGC-1alpha expression. J Biol Chem. (2010). 

Guan S, Xu J, Guo Y, et al. Pyrroloquinoline quinone against glutamate-induced neurotoxicity in cultured neural stem and progenitor cells. Int J Dev Neurosci. (2015). 

Azizi A, Azizi S, Heshmatian B, Amini K. Improvement of functional recovery of transected peripheral nerve by means of chitosan grafts filled with vitamin E, pyrroloquinoline quinone and their combination. Int J Surg. (2014).

Nutraceuticals Now. (2018). BioPQQ®: Demonstrable results in improving brain health. Nutraceuticals Now. DIakses pada 19 September 2019.

Nakano M, Kawasaki Y, Suzuki N, Takara T. Effects of pyrroloquinoline quinone disodium salt intake on the serum cholestrol levels of healthy japanese adults. J Nutr Sci Vitaminol. (2015). 


Tags: , , , , , ,