fbpx
LOGO

Manfaat Vitamin B8 (Inositol) Sebagai Nootropik

September 22, 2020
IMG

Vitamin B8 (Inositol, cyclohexanehexol) adalah gula alkohol dan isomer glukosa yang dapat ditemukan di hampir semua hewan dan tumbuhan. Inositol terlibat dalam pensinyalan sel otak, dan merupakan komponen membran sel.

 

Inositol tidak dianggap sebagai vitamin B sejati karena tubuh dapat memproduksi inositol secara alami, walaupun hanya dalam jumlah kecil. Sedangkan vitamin sejati tidak diproduksi oleh tubuh.

 

Inositol merupakan salah satu obat nootropik. Nootropik adalah suplemen yang bekerja sebagai penguat otak, diantaranya termasuk meningkatkan fungsi kognisi, memori, kemampuan belajar, fokus, mengurangi stres, dan tanpa menghasilkan efek samping yang signifikan.

 

Sebagai contoh, inositol yang terkandung di dalam jeruk menyebabkan suasana hati lebih baik dan mampu meningkatkan fungsi kognitif di waktu bersamaan. Efek yang sama bahkan lebih bisa didapat melalui suplementasi Inositol, tanpa mengkonsumsi jeruk. 

 

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai nootropik, Anda dapat membaca artikel kami lainnya dengan judul Apa itu nootropik?

 

 

Manfaat Vitamin B8 (Inositol)

 

1. Mengoptimalkan fungsi otak

Inositol membantu meningkatkan efektivitas reseptor hormon serotonin, dopamin, GABA, dan glutamat di otak. Semua ini berkaitan dengan peningkatan kewaspadaan, konsentrasi, fokus, dan daya ingat.

 

Penelitian menemukan penderita anoreksia, gangguan otak, dan depresi memiliki tingkat inositol yang rendah (1).  Sementara itu, tingkat inositol yang tidak normal juga dapat menjadi penanda awal penurunan kognitif seperti demensia dan Alzheimer (2). 

 

2. Mengurangi kecemasan dan depresi

Potensiasi jangka panjang untuk pembentukan memori jangka panjang, dan depresi bergantung pada transmisi sinyal saraf dan plastisitas sinaptik. Keduanya dipengaruhi oleh jalur myo-inositol (salah satu jenis inositol) dan phosphoinositide (3).

 

Pemberian inositol selama 12 minggu efektif mengatasi depresi dan gangguan kecemasan tanpa efek samping signifikan (4, 5). 

 

Inositol juga terbukti mampu mengobati gejala Premenstrual Dysphoric Disorder atau Gangguan disforik pramenstruasi (PMDD) seperti depresi berat, lekas marah, dan tegang (6).

 

3. Mengobati serangan panik

Konsumsi inositol dengan dosis 18 gram per hari selama satu bulan efektif mengurangi intensitas serangan panik tanpa efek samping signifikan.

 

Inositol lebih efektif daripada pengobatan serangan panik yang umum digunakan, yaitu fluvoxamine (Luvox ®), yang dapat memicu efek mual dan kelelahan. Dapat disimpulkan inositol jauh lebih unggul (7).

 

4. Membantu mengobati OCD

Obsessive compulsive disorder (OCD) adalah jenis kecemasan yang ditandai oleh pikiran dan perilaku berulang yang tidak diinginkan.

 

Sebuah penelitian menemukan bahwa konsumsi 18 gram inositol per hari selama 6 minggu mampu gejala gangguan obsesif-kompulsif, dan spektrum gangguan responsif terhadap inhibitor reuptake serotonin selektif (SSRI’s) (8).

 

 

 

Sumber Makanan

 

Kandungan inositol dapat ditemukan pada makanan yang Anda konsumsi sehari-hari seperti:

• Buah jeruk

• Sayuran berdaun hijau

• Organ hati

• Beras merah

• Sereal

 

 

Dosis

 

Inositol tersedia dalam bentuk kapsul, softgel, dan dalam bentuk bubuk. Sebagai nootropik, dosis vitamin B8 (Inositol) yang disarankan adalah 500 – 3.000 mg, dibagi dosis 3 kali sehari. 

 

Adapun rekomendasi dosis untuk masing-masing kondisi yaitu:

 

• Dosis inositol untuk mengatasi depresi dan kecemasan adalah hingga 12 gram, dibagi dosis 3 kali sehari.

 

• Dosis inositol untuk mengatasi gangguan obsesif-kompulsif (OCD) adalah hingga 18 gram, dibagi dosis 3 kali sehari.

 

 

Interaksi Sinergi

 

Inositol aman dikombinasikan dengan:

• Lithium: Membantu meringankan sindrom serotonin

• Kolin: Membantu meningkatkan fungsi saraf

 

 

Efek Samping

 

Mengonsumsi nositol yang tidak sesuai dengan dosis dapat mengakibatkan efek samping seperti :

• Perut kembung

• Sakit perut

• Mual

• Diare

• Peningkatan perubahan suasana hati untuk pasien bipolar atau psikosis

 

 

Kontraindikasi

 

Beberapa kondisi yang harus diperhatikan dan harus dihindari dalam mengonsumsi inositol yaitu:

Ibu menyusui

Pasien diabetes

 

Pada pasien bipolar, inositol dapat merubah suasana hati. Harap gunakan inositol sesuai dosis dokter agar tidak ada lonjakan perubahan suasana hati yang ekstrem.

 

 

Referensi:

Tomen D. (2018). Vitamin b8 (inositol). Diakses pada 24 September 2019.

WebMD. (2018). Inositol (vitamin b8). WebMD. Diakses pada 24 September 2019.

Rango M, Cogiamanian F, Marceglia S, Barberis B, Arighi A, Biondetti P, Priori A. Myoinositol content in the human brain is modified by transcranial direct current stimulation in a matter of minutes: A 1H‐MRS study. Magnetic Resonance in Medicine. (2008). 

Eagan DE, Gonzales MM, Tarumi T, Tanaka H, Stautberg S, Haley AP. Elevated serum C-reactive protein relates to increased cerebral myoinositol levels in middle-aged adults. Cardiovasc Psychiatry Neurol. (2012). 

Nishiyama M, Hong K, Mikoshiba K, Poo MM, Kato K. Calcium stores regulate the polarity and input specificity of synaptic modification. Nature. (2000).

Mukai T, Kishi T, Matsuda Y, Iwata N. A meta-analysis of inositol for depression and anxiety disorders. Hum Psychopharmacol. (2014). 

Kofman O, Levin U. Myo-inositol attenuates the enhancement of the serotonin syndrome by lithium. Psychopharmacology (Berl). (1995).

Herman-Sucharska I, Grzybek M, Grochowska A, Karcz P, Urbanik A. Ocena zachowania mioinozytolu w widmie metabolicznym mózgowia (HMRS) u pacjentów z encefalopatia watrobowa [Myoinositol trends in HMRS brain spectrum of patients with hepatic encephalopathy].

Przegl Lek. (2010). Palatnik A, Frolov K, Fux M, Benjamin J. Double-blind, controlled, crossover trial of inositol versus fluvoxamine for the treatment of panic disorder. J Clin Psychopharmacol. (2001). 

Fux M, Levine J, Aviv A, Belmaker RH. Inositol treatment of obsessive-compulsive disorder. Am J Psychiatry. (1996). 


Tags: , , , ,