fbpx
LOGO

Mengenal Huperzine-A dan Manfaatnya bagi Kesehatan

July 22, 2020
IMG

Huperzine-A adalah senyawa yang diekstrak dari tumbuhan clubmoss atau Huperzia serrata, dan dikenal sebagai inhibitor asetilkolinesterase, sejenis senyawa yang digunakan untuk mencegah kerusakan asetilkolin (neurotransmiter atau bahan kimia penting untuk fungsi pembelajaran dan memori otak). Senyawa ini juga ditemukan dalam cairan spinal, dan dapat menembus sawar darah otak.

 

Dalam pengobatan tradisional, huperzine-A juga dikenal dapat meningkatkan pembelajaran dan memori. Selain itu juga dapat mengurangi risiko penurunan kognitif yang berkaitan dengan usia, seperti Alzheimer.

 

 

Manfaat Huperzine – A

 

1. Membantu Mengobati Alzheimer dan Demensia

Alzheimer merupakan sebuah kondisi penurunan kemampuan kognitif kronis bertahap yang biasanya dialami oleh lansia diakibatkan olehnya kematian sel neuron yang diakibatkan oleh tingginya kadar glutamat dalam otak, penumpukan plak β-amiloid dan protein tau yang berhubungan dengan radikal bebas.

 

Huperzine-A diketahui memiliki sifat neuroprotektif dan melindungi sel otak dari pengaruh negatif glutamat, dan mencegah terjadinya penurunan plak β-amiloid, bahkan mencegah terjadinya toksisitas di otak akibat hidrogen peroksida (1). 

 

Berdasarkan tinjauan penelitian tahun 2013 yang diterbitkan dalam PloS One dan ulasan tahun 2008 yang diterbitkan dalam Cochrane Database of Systematic Review, menyebutkan bahwa karena sifat neuroprotektifnya ini suplementasi huperzine-A bermanfaat bagi orang dengan penyakit Alzheimer atau demensia (2, 3).

 

Pada kedua ulasan tersebut, para peneliti menyimpulkan bahwa jika dibandingkan dengan plasebo, huperzine-A lebih efektif dalam menjaga fungsi kognitif, mengatasi gangguan perilaku, dan kinerja. Huperzine-A secara signifikan mengurangi jalur NF-kB dalam sel-sel kekebalan di otak sehingga dapat mengurangi peradangan dan membantu mengobati Alzheimer (4). 

 

Uji klinis lain yang melibatkan pasien dengan Alzheimer juga menunjukkan bahwa suplementasi huperzine-A dapat meningkatkan kemampuan mental dan kesejahteraan pasien secara keseluruhan (5).

 

2. Meningkatkan Fungsi Kognitif dan Memori

Sebuah penelitian kecil yang diterbitkan dalam jurnal Cina Acta Pharmacologica Sinica pada tahun 1999 menemukan bahwa huperzine-A membantu meningkatkan daya ingat dan pembelajaran pada sekelompok siswa remaja.

 

Sebanyak 68 orang siswa sekolah menengah yang mengeluh kesulitan menerima dan mengingat pelajaran, diberikan huperzine-A atau plasebo setiap hari selama empat minggu. Pada akhir penelitian, partisipan yang menerima huperzine-A menunjukkan peningkatan yang lebih besar dalam pembelajaran dan memori, dibandingkan dengan kelompok plasebo (6).

 

 

 

 

Sumber Makanan

 

Famili tumbuhan Huperzia serrata (clubmoss atau kumpai), Lycopodiaceae, dan Selaginellaceae.

 

 

Dosis Pemakaian

 

Penyakit Alzheimer dan menurunnya kemampuan berpikir karena perubahan pembuluh darah di otak (demensia vaskular; juga dikenal sebagai demensia multi-infark): Konsumsi suplemen huperzine-A dengan kisaran dosis 50-200 mcg (0,05-0,2 mg) dua kali sehari.

 

Penurunan daya pikir yang terkait dengan usia (pikun atau demensia presenil): Konsumsi suplemen huperzine-A dengan dosis 30 mcg (0,03 mg) dua kali sehari. Sumber lain menyebutkan 100 mcg (0,1 mg) dua kali perhari. 

 

Meningkatkan daya ingat pada remaja: Konsumsi huperzine-A dengan dosis 100 mcg (0,1 mg) dua kali sehari.

 

 

Efikasi 

 

Suplemen huperzin-A oral muncul dalam darah 15 menit setelah konsumsi, dan mencapai puncak dosis dalam kurun rentang waktu yang bervariasi hingga 70 menit setelah konsumsi. 

 

 

Interaksi Sinergi

 

Sebuah penelitian dilaksanakan dengan mengkombinasikan huperzine-A dengan berbagai komponen suplemen seperti vinpocetine (7)acetyl-L-carnitine (8)n-acetylcysteine (9), alpha lipoic acid (10), dan minyak ikan (11) sebesar 5.6 gram per hari selama 6 bulan berturut-turut pada atlet sepak bola yang pensiun akibat trauma atau cedera kepala (concussion).

 

Hasilnya diketahui  kombinasi suplemen tersebut meningkatkan perfusi atau aliran darah menuju otak serta memperbaiki fungsi kognitif para pensiunan atlet (12). 

 

 

Efek Samping

 

Mual dan muntah

Diare

Keringat berlebih, disertai peningkatan air liur dan berkemih

Pandangan kabur

Bicara cadel

Gelisah

Kehilangan nafsu makan

Kontraksi dan kedutan otot

Kram

Ketidakmampuan untuk mengontrol buang air kecil

Tekanan darah tinggi

Detak jantung melambat

 

 

Kontraindikasi

 

Anak-anak: Aman dikonsumsi hingga kurang dari satu bulan.

Ibu hamil dan menyusui

Detak jantung lambat atau penyakit jantung lainnya

Epilepsi dan vertigo

Penyumbatan saluran gastrointestinal 

Tukak lambung

Gangguan paru-paru seperti asma atau emfisema

Penyumbatan saluran kemih, gangguan ginjal, hati atau sistem reproduksi

 

Berhati-hatilah dengan kombinasi obat antikolinergik, obat-obatan untuk penyakit Alzheimer (terutama golongan inhibitor acetylcholinesterase (AChE)), berbagai obat yang digunakan untuk glaukoma, obat-obatan kolinergik, beta bloker, dan obat anti kejang

 

Hindari kombinasi dengan obat-obatan yang di metabolisme di hati seperti obat jenis cytochrome P450

 

 

Referensi

Patel, Kamal. (2013). Huperzine-A. Examine. Diakses  pada 08 Juli 2019.

Wong, Cathy. (2019). The health benefits of huperzine a. Very Well Health. Diakses pada 08 Juli 2019.

WebMD. (2018). Huperzine a. WebMD. Diakses pada 08 Juli 2019.

Cohen, Joe. (2019). 13 Huperzine a health benefits + dosage & side effects. Self Hacked. Diakses pada 08 Juli 2019. 

Ved HS, Koenig ML, Dave JR, Doctor BP. Huperzine A, a potential therapeutic agent for dementia, reduces neuronal cell death caused by glutamate. Neuroreport. (1997).  

Yang G, Wang Y, Tian J, Liu JP. Huperzine a for alzheimer’s aisease: A systematic review and meta-analysis of randomized clinical trials. PLOS ONE. (2013). 

Li J, Wu HM, Zhou RL, Liu GJ, Dong BR. Huperzine a for alzheimer’s disease. Cochrane Systematic Review. (2008). 

Xie L, Jiang C, Wang Z, et al. Effect of huperzine a on Aβ-induced p65 of astrocyte in vitro. Biosci Biotechnol Biochem. (2016).

Zangara A. The psychopharmacology of huperzine a: An alkaloid with cognitive enhancing and neuroprotective properties of interest in the treatment of alzheimer’s disease. Pharmacology Biochemistry and Behavior. (2003). 

Sun QQ, Xu SS, Pan JL, Guo HM, Cao WQ. Huperzine-a capsules enhance memory and learning performance in 34 pairs of matched adolescent students. Zhongguo Yao Li Xue Bao. (1999).   

Tello C. (2019). 6 Vinpocetine benefits + how it works & side effects. Self Hacked. Diakses pada 08 Juli 2019.

Aleksic A. (2019).  L-carnitine benefits, side effects & dosage. Self Hacked. Diakses pada 08 Juli 2019. 

Aleksic A. (2019).  29 Nac benefits & uses (n-acetyl cysteine). Self Hacked. Diakses pada 08 Juli 2019. 

Novkovic B. (2019). Alpha-lipoic acid benefits: Skin, neuropathy, weight & more. Self Hacked. Diakses pada 08 Juli 2019.

Ristic A. (2019). 24 Benefits of fish oil (omega-3) + dosage & safety. Self Hacked. Diakses pada 08 Juli 2019. 

Amen DG, Wu JC, Taylor D, Willeumier K. Reversing brain damage in former NFL players: Implications for traumatic brain injury and substance abuse rehabilitation. J Psychoactive Drugs. (2011).


Tags: , , , , ,