fbpx
LOGO

Minum Kopi Sebelum Olahraga Mempercepat Penurunan Berat Badan

March 31, 2021
IMG

Kebanyakan orang mengonsumsi minuman berprotein sebelum, saat, atau setelah berolahraga. Minuman berprotein, seperti shake protein berfungsi meningkatkan ketahanan tubuh serta massa otot. Namun jika Anda menginginkan penurunan berat badan yang cepat, mungkin sebaiknya untuk minum kopi kental sebelum berolahraga.

 

Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan oleh peneliti menemukan bahwa meminum kafein (3 mg/kg berat badan) yang setara dengan kopi kental setengah jam sebelum berolahraga dapat mempercepat pembakaran lemak.

 

Sebanyak 15 pria berusia rata-rata 32 tahun berpartisipasi dalam penelitian ini. Masing-masing peserta diberikan 3 mg / kg kafein atau plasebo pada pukul 8 pagi dan 5 sore. Para peserta kemudian diminta untuk menyelesaikan empat latihan dalam tujuh hari.

 

Kondisi sebelum setiap tes latihan, seperti jam berlalu sejak makan terakhir, latihan fisik, atau konsumsi zat stimulan, distandarisasi dengan ketat, dan oksidasi lemak selama latihan dihitung dengan tepat.

 

 

Pembakaran lemak yang maksimal

 

Hasil penelitian menunjukkan konsumsi kafein akut (kopi kental) 30 menit sebelum berolahraga meningkatkan oksidasi atau pembakaran lemak. Namun hasilnya lebih maksimal jika konsumsi kopi dan latihan aerobik dilakukan bersamaan di sore hari.

 

Meminum kopi sebelum berolahraga pagi meningkatkan pembakaran lemak sebanyak 11%, sementara di sore hari sebanyak 13%. Dengan kata lain, pembakaran lemak akibat kopi dan olahraga di pagi hari sama dengan berolahraga di sore hari tanpa asupan kafein.

 

 

Jangan lupakan efek sampingnya

 

Terlepas dari manfaatnya, kafein memiliki efek stimulan yang membuat seseorang tetap waspada dan berjaga. Meminum kopi di sore hari dapat membuat Anda insomnia dan kelelahan keesokan harinya.

 

 

Referensi

Science Daily. (2021). A strong coffee half an hour before exercising increases fat-burning. Diakses pada 31 Maret 2021.


Tags: ,