fbpx
LOGO

Penelitian Terbaru: Belalang Mengandung Antioksidan Lebih Banyak dari Jus Jeruk

March 22, 2021
IMG

Penelitian terkini mengungkapkan bahwa kandungan antioksidan pada belalang lebih tinggi dibandingkan pada jus jeruk segar.

Menurut Prof. Mauro Serafini, peneliti utama dalam penelitian yang dipublikasikan di Frontiers in Nutrition, seperempat populasi dunia (atau sekitar 2 miliar orang) mengonsumsi serangga secara teratur. Serangga mengandung sumber protein, asam lemak tak jenuh ganda, mineral, vitamin dan serat yang sangat baik.

Pada penelitian tersebut, peneliti menguji berbagai serangga yang dapat dimakan dan invertebrata yang tersedia secara komersial menggunakan berbagai ukuran aktivitas antioksidan, dan membandingkannya dengan makanan fungsional klasik seperti minyak zaitun atau jus jeruk untuk menilai aktivitas antioksidan pada setiap bahan (1).



Pertama-tama, bagian-bagian serangga yang tidak dapat dimakan (seperti sayap dan sengatan) dihilangkan. Serangga kemudian digiling dan diekstraksi untuk dipisahkan lemaknya dengan senyawa yang larut dalam air. Setiap ekstrak kemudian dilakukan pengujian kandungan antioksidan dan aktivitasnya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak belalang, ulat sutera, dan jangkrik menunjukkan nilai kapasitas antioksidan tertinggi, lima kali lipat lebih tinggi daripada jus jeruk segar. Sedangkan kandungan total polifenol, antioksidan yang diturunkan dari tanaman, jauh lebih rendah di semua serangga dibandingkan dengan jus jeruk.

Penelitian terbaru ini telah mengungkapkan sebuah potensi baru dari serangga untuk kesehatan dan memiliki dampak minimal pada ekologi. Namun masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengidentifikasi bahan bioaktif pada serangga dan dampaknya pada tubuh jika dikonsumsi manusia.

Referensi:
Di Mattia C, Battista N, Sacchetti G, Serafini M. (2019). Antioxidant Activities in vitro of water and liposoluble extracts obtained by different species of edible insects and invertebrates. Front Nutr. Diakses pada 07 Agustus 2019.

Frontiers. (2019). Meet the six-legged superfoods: Grasshoppers top insect antioxidant-rich list. Diakses pada 07 Agustus 2019.


Tags: ,