fbpx
LOGO

Sabun Castile, Sabun Nabati yang Ramah Lingkungan

September 30, 2020
IMG

Jika pada umumnya sabun sering dibuat dari lemak hewani, berbeda halnya dengan sabun castile. Sabun castile (kastil) atau castile soap merupakan sabun berbahan dasar minyak, yang berbentuk batangan atau cair, yang dibuat tanpa menggunakan lemak hewani atau bahan sintetis.

 

Umumnya, sabun castile terbuat dari minyak zaitun, tapi kini juga tersedia dari  kelapa, rami, alpukat, almond atau minyak jarak. 

 

Minyak alami yang digunakan menambah sifat melembabkan dari sabun. Selain digunakan untuk mencuci tubuh dan rambut serta melembabkan kulit, sabun ini aman digunakan oleh anak-anak. Sabun castile sangat populer di kalangan vegan dan vegetarian karena berbasis nabati.

 

Sabun castile juga dapat digunakan untuk mencuci piring, baju, dan membersihkan jendela. 

 

Di sisi lain, sabun nabati ini dikatakan mampu menyembuhkan luka. Dalam sebuah penelitian, perbandingan antara saline normal, sabun castile, benzalkonium chloride, dan bacitracin menunjukkan bahwa sabun castile secara positif mempengaruhi luka ortopedi yang terkontaminasi ketika digunakan untuk mengairi dan akhirnya membersihkan luka.

 

Sementara pengaplikasian sabun castile dan perawatan irigasi berurutan secara signifikan menurunkan tingkat komplikasi luka (1).

 

 

 

 

Hal penting yang harus diperhatikan

 

Sabun castile mudah ditemukan dimana saja. Anda juga dapat membuatnya sendiri di rumah dengan mencari resep pembuatan sabun castile untuk kegunaan yang berbeda.

 

Adapun dalam pengaplikasiannya terdapat beberapa poin penting yang perlu diperhatikan, yaitu:

 

1. Tidak direkomendasikan untuk digunakan pada rambut yang diwarnai, karena dapat menghilangkan folikel rambut warna.

 

2. Untuk menghindari rambut kusut, disarankan untuk membilasnya dengan bahan yang mengandung asam alami seperti jus lemon setelah membilas bersih rambut dari sabun castile. Alternatif lain adalah menggunakan cuka sari apel setelah keramas menggunakan sabun cair castile.

 

3. Sabun castile merupakan basa, dan tidak dianjurkan untuk menggabungkannya dengan asam seperti cuka atau jus lemon. Campuran tersebut akan menjadi larutan kental yang akan meninggalkan lapisan putih. Daripada harus membersihkan permukaan dengan baik jangan digabungkan.

 

4. Jangan mengombinasikan sabun cair castile dengan air keras karena dapat menghasilkan tertinggalnya lapisan putih ketika campuran digunakan pada suatu permukaan.

 

 

Referensi:

Oliver K. (2019). 13 Uses for castile soap — natural cleaning for body & home. Dr Axe. Diakses pada 07 Oktober 2019.

Conroy BP, Anglen JO, Simpson WA, Christensen G, Phaup G, Yeager R, Gainor BJ. Comparison of castile soap, benzalkonium chloride, and bacitracin as irrigation solutions for complex contaminated orthopaedic wounds. J Orthop Trauma. (1999).