fbpx
LOGO

Seberapa Pentingkah Memiliki Teman?

August 25, 2020
IMG

Manusia adalah makhluk sosial yang memerlukan bantuan orang lain dalam melakukan suatu hal. Sebagai manusia, kita pasti melakukan aktivitas yang menuntut interaksi dengan orang lain. Sehingga menyebabkan seseorang tidak akan terlepas dari hubungan pertemanan.

 

Teman memiliki pengaruh besar pada kehidupan, terutama pada fase remaja dan menginjak dewasa. Memiliki hubungan pertemanan dan lingkaran sosial yang luas juga akan membuat seseorang terlihat keren.

 

Teman merupakan tempat berbagi banyak cerita baik sedih maupun menyenangkan. Melakukan hal yang baru juga akan terasa sangat mengasyikkan jika dilakukan bersama dengan teman. 

 

Tapi, sebegitu berharganya kah sebuah hubungan pertemanan? Dan sebenarnya, seberapa penting kah memiliki teman? 

 

1. Membuat Anda tetap aktif

Melakukan sebuah kegiatan sendirian pasti akan terasa sangat sepi dan membosankan. Jika Anda banyak menghabiskan waktu sendirian, Anda memang jauh lebih mudah untuk berpartisipasi dalam kegiatan rutin yang Anda sukai seperti olahraga, klub, dan hobi. 

 

Namun, jika Anda memiliki setidaknya satu teman, Anda akan cenderung terdorong untuk lebih sering bergerak aktif dengan keluar rumah dan melakukan hal lain. Tak jarang teman Anda akan menyarankan kegiatan yang mungkin tidak Anda sukai. Dengan begitu, ia akan mendorong Anda keluar dari zona nyaman untuk menghadapi kecemasan Anda.

 

2. Teman dapat membantu Anda hidup lebih lama

Terdengar unik, namun hasil penelitian yang melibatkan lebih dari 90.000 orang wanita lanjut usia, menyatakan bahwa banyaknya dukungan sosial yang dimiliki akan mempengaruhi perpanjangan usia.

 

Nancy Freeborne, Dr. PH., Asisten Profesor Fakultas Administrasi Kesehatan dan Kebijakan di George Mason University sekaligus peneliti utama pada penelitian tersebut menyatakan bahwa walaupun terdapat sedikit perbedaan, hasil temuan tersebut cukup andal karena penelitian di lakukan pada populasi besar, sehingga salah jika hasil temuan hanya dianggap sebuah kebetulan.

 

Studi lain menunjukkan bahwa wanita yang menderita kanker payudara namun memiliki kehidupan sosial dan emosional yang kuat, juga akan memiliki peluang lebih tinggi untuk bertahan hidup lebih lama.

 

3. Teman merupakan sumber dorongan dan dukungan

Teman merupakan sumber kekuatan saat Anda bersedih atau mengalami masa-masa krisis. Jika Anda mengalami kesulitan, kehadiran seorang teman akan membantu Anda untuk melalui masa sulit tersebut dengan mudah.

 

Faktanya, berdasarkan hasil penelitian oleh Michigan State University menunjukkan bahwa memiliki hubungan pertemanan yang baik dapat memprediksi kesehatan dan kebahagiaan seiring bertambahnya usia dibandingkan dengan memiliki hubungan keluarga yang baik

 

4. Teman membantu Anda mengenali diri lebih dalam

Terdapat sebuah pepatah yang berbunyi “Temanmu mencerminkan siapa dirimu. Teman mempengaruhi banyak aspek dalam kehidupan Anda, termasuk nilai-nilai kehidupan. Hubungan pertemanan yang baik akan membantu Anda untuk berkembang dan berubah menjadi lebih baik.

 

Selain itu, hubungan pertemanan juga dapat mengungkap bagaimana jati diri Anda yang sebenarnya. Tentu hal ini akan membuat Anda berpikir, apakah Anda cocok dengan hubungan pertemanan tersebut ataukah tidak. Jika dirasa tidak sejalan dengan nilai-nilai pribadi Anda, jangan takut untuk keluar dari lingkaran pertemanan tersebut. 

 


Tags: