fbpx
LOGO

Seberapa Pentingnya Perawatan Diri Sendiri (Self Care)?

August 25, 2020
IMG

Self-care atau perawatan diri adalah bagian penting yang sangat diperlukan dalam kehidupan. Bentuk self-care meliputi perawatan fisik dan mental, yang diinisiasi dan dilakukan oleh diri sendiri.

 

Ketika seseorang terlalu sibuk dengan pekerjaan dan mengalami stres, sangat disarankan untuk mencari kegiatan yang baru dan menyegarkan dan self-care adalah salah satu kegiatan menyegarkan yang dapat Anda coba praktekkan.

 

 

Apa itu Self-Care?

 

Menurut Helen L. Coons, PhD seorang praktisi klinis dan spesialis kesehatan perilaku dan kesejahteraan wanita di Fakultas Kedokteran Universitas Aurora, Colorado, self-care adalah salah satu bentuk tindakan baik fisik, emosional, dan relasional, atau kesejahteraan spiritual yang mencerminkan cara kita menjaga diri kita sendiri pada tingkat yang paling mendasar.

 

Singkatnya, self-care adalah tindakan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan diri sendiri dalam mempertahankan kehidupan, kesehatan, dan kesejahteraan. Kemudian, apakah ada hal-hal yang tidak termasuk ke dalam kategori perawatan diri?

 

Pada dasarnya, perawatan diri atau self-care dilakukan secara sukarela. Hal ini bermakna bahwa semua keputusan berada di tangan kita sendiri tanpa paksaan dari orang lain. Kita menginisiasi dan melakukannya sendiri dengan senang hati, tanpa dipaksa untuk melakukan hal yang tidak kita sukai.

 

Self-care bukanlah sebuah keegoisan, karena perilaku ini lebih kepada mengetahui apa yang perlu di lakukan untuk menjaga diri kita sendiri. Setelah keseimbangan kesehatan fisik, mental, dan spiritual terpenuhi, kita akan dapat menjaga orang lain dengan maksimal. 

 

 

Bagaimana Cara Melakukan Self-care?

 

Self-care bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, baik di rumah maupun di tempat kerja. Berikut ini terdapat 10 langkah mudah self-care yang dapat Anda coba untuk  menjauhkan diri dari stres fisik dan mental: 

 

1. Mengetahui batas kemampuan

Anda dapat mengetahui dan menilai batas kemampuan Anda dengan melakukan hal-hal yang lebih dari yang biasa Anda lakukan. Dengan begini, Anda akan mengetahui apakah Anda mampu melakukannya, atau perlu mengurangi tugas Anda. Jangan lupa untuk mencari solusi untuk membantu menyelesaikan tugas Anda.

 

2. Istirahat yang cukup

Mengetahui seberapa banyak waktu istirahat yang diperlukan adalah hal yang sangat penting. Cobalah cari tahu berbagai kebutuhan yang Anda perlukan untuk mendapatkan istirahat yang nyaman dan berkualitas. Dengan tidur dan istirahat yang cukup, Anda dapat kembali beraktivitas dengan fisik dan pikiran yang segar.

 

3. Makan dengan baik dan teratur

Mengatur pola makan dan berbagai makanan yang dikonsumsi akan menghasilkan energi. Hal ini sangat berperan pada kelancaran aktivitas harian Anda. Anda juga perlu menentukan kapan Anda harus makan, dan makanan apa yang harus dimakan. Menjaga gizi dan nutrisi yang tepat dalam makanan sangat berpengaruh pada masa depan Anda.

 

4. Melakukan peregangan saat bekerja

Bekerja sepanjang hari tanpa istirahat akan membuat otak serta otot lelah. Melakukan istirahat singkat dengan melaksanakan peregangan tubuh saat jam kerja akan mampu membantu menyegarkan pikiran dan tubuh Anda.

 

Selain peregangan, Anda juga dapat berjalan-jalan singkat atau melakukan hal-hal kecil seperti meminum air, mengobrol dengan rekan kerja, berbalas pesan dengan pasangan atau keluarga. Anda juga dapat sejenak melihat galeri foto untuk memberi jeda otak dalam menghadapi tekanan saat bekerja. 

 

5. Melakukan perubahan kecil

Cara lain untuk menghindari stres di tempat kerja adalah dengan melakukan perubahan kecil seperti merubah tatanan meja kerja Anda, membenahi posisi duduk, atau memakan bekal lebih cepat dari waktu biasanya. Carilah berbagai cara untuk membuat pekerjaan Anda terasa lebih menyenangkan.

 

6. Mengenali diri sendiri

Belajarlah untuk mengenali sifat dan temperamen Anda sendiri, serta cobalah untuk menetapkan batasan untuk ruang pribadi Anda. Cari tahu apa saja yang dapat memicu emosi atau temperamen Anda. Jangan lupa untuk menyiapkan solusi ketika hal itu terjadi untuk membantu mengurangi stres yang tak terhindarkan. 

 

7. Memasukkan kegiatan yang Anda sukai ke dalam rutinitas harian Anda

Hal ini tentu sangat mudah untuk dilakukan. Anda hanya perlu mengatur dan menyisihkan waktu untuk melakukan me-time. Kegiatan yang dapat Anda lakukan tidaklah harus berupa kegiatan yang rumit dan serius. Misalnya, membaca buku kesukaan sebelum tidur setiap hari, atau menghabiskan waktu untuk bercengkrama dengan pasangan. 

 

8. Melakukan transisi dari urusan pekerjaan ke urusan pribadi

Ketika perjalanan pulang ke tempat tinggal Anda, sebaiknya tidak perlu memikirkan hal-hal yang berkaitan dengan kantor. TInggalkan pikiran mengenai tugas atau bahkan mengingat tingkah rekan kerja yang menyebalkan.

 

Anda dapat menjernihkan pikiran selama perjalanan pulang dengan mendengarkan musik, radio, atau melihat pemandangan di sepanjang perjalanan.

 

9. Meningkatkan kesejahteraan spiritual

Memberi asupan spiritual Anda merupakan salah satu cara ampuh dalam merawat diri. Mendekatkan diri dengan Tuhan seperti berdo’a atau mengunjungi rumah ibadah adalah cara terbaik untuk mendapatkan asupan spiritual.

 

Selain itu, Anda juga dapat melakukan meditasi seperti yoga, berjalan-jalan di taman, mengamati matahari terbit, dan terbenam, bersyukur, membaca, atau mendengarkan kisah inspiratif.

 

10. Cintailah diri Anda sendiri

Luangkan waktu untuk mencintai diri sendiri dengan mengatakan kata-kata motivasi pada diri Anda, seperti “Anda hanya satu-satunya”, “Anda adalah ahli di bidang itu”, atau “Anda adalah orang yang beruntung”.