fbpx
LOGO

Siap Hadapi Musim Hujan dengan 3 Suplemen Ampuh Berikut

September 2, 2020
IMG

Pilek dan flu disebabkan oleh virus influenza tipe A yang mudah menyebar dan dapat ditularkan dari orang lain yang sedang terinfeksi. Sebagian besar kondisi ini dapat ditangani sendiri, meskipun dalam beberapa kasus perlu penanganan dokter lebih lanjut karena virus ini dapat juga menyebabkan kematian.

 

Anda dapat terkena pilek dan flu jika sistem kekebalan tubuh sedang dalam kondisi lemah atau menurun, dan menjadi lebih rentan selama musim dingin. Udara dingin dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh pada manusia dan juga hewan (1, 2).  

 

Hal termudah untuk menjaga kesehatan adalah menerapkan gaya hidup sehat seperti makan makanan bergizi, olahraga teratur, mencuci tangan sebelum makan, mencukupi asupan air, cukup tidur, manajemen stres yang baik, dan menghindari menyentuh area wajah dengan tangan.

 

Meski begitu, hal diatas belum tentu dapat menghindarkan Anda dari terkena pilek dan flu. Mengonsumsi suplemen tertentu juga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, dengan begitu tubuh dapat dengan mudah melawan virus penyebab flu dan pilek, dan mencapai kesembuhan.

 

 

Adakah suplemen yang ampuh atasi pilek dan flu?

 

Beberapa suplemen yang dapat dikonsumsi diantaranya yaitu vitamin C, D, dan seng (zinc). Bukti manfaat suplemen tersebut seringkali tercampur, tetapi pada kenyataanya suplemen tersebut dapat memberikan manfaat yang positif bagi kesehatan tubuh untuk melawan pilek dan flu.

 

Vitamin C

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi vitamin C secara teratur ternyata dapat mempersingkat durasi pilek dan flu, serta mengurangi gejalanya (3). 

 

Vitamin D

Vitamin D memiliki banyak manfaat kesehatan untuk tubuh. Kekurangan vitamin D dapat merusak imunitas. Sebuah tinjauan penelitian menunjukkan bahwa suplementasi vitamin D membantu mencegah infeksi saluran pernapasan atas (4).

 

Zinc (Seng)

Mengonsumsi zinc (seng) dalam bentuk tablet secara teratur sejak awal munculnya gejala pertama pilek, dapat mengurangi durasi penyakit. Namun, konsumsi suplemen tidak boleh melebihi 100 mg per hari hingga dua minggu.

 

Dosis seng yang disarankan untuk mengurangi durasi pilek adalah 75-95 mg/hari. Tablet hisap seng dapat menyebabkan mual, dysgeusia (gangguan pada indra pengecapan atau perasa), dan anosmia (gangguan pada indra penciuman), tetapi gejala-gejala tersebut akan berhenti ketika suplemen ini berhenti dikonsumsi.

 

 

Banyak suplemen lain yang dapat membantu mengurangi durasi dan tingkat keparahan pilek dan flu, tetapi penelitian tersebut masih bersifat lemah dan belum memiliki bukti yang kuat sehingga masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitasnya.

 

Anda juga dapat mengonsumsi suplemen berbahan alami berikut ini:

• Ekstrak echinacea

• Ekstrak elderberry

• Ekstrak Pelargonium sidoides (tumbuhan yang berasal dari Afrika yang dapat dijadikan sebagai ramuan)

• Suplemen yang mengandung probiotik 

 

Diantara berbagai suplemen yang dipercaya mampu membantu mengurangi durasi dan tingkat keparahan pilek dan flu, pilihan bahan alami di atas memiliki potensi yang menjanjikan.

 

 

 

Kesimpulan

 

Mengonsumsi satu atau dua suplemen tampaknya dapat mencegah atau mengobati pilek dan flu. Akan tetapi, mengonsumsi suplemen saja tidak akan menghasilkan dampak yang optimal.

 

Disarankan untuk menyertakan gaya hidup sehat, seperti makan makanan bergizi, olahraga teratur, mencuci tangan sebelum makan, mencukupi asupan air, cukup tidur, manajemen stres, dan menghindari menyentuh area wajah dengan tangan.

 

 

Referensi:

Chow, Zad. (2019). Which supplements can help against colds and the flu?. Examine. Diakses pada 13 Agustus 2019.

Mourtzoukou EG, Falagas ME. Exposure to cold and respiratory tract infections. Int J Tuberc Lung Dis. (2007). 

Foxman EF, Storer JA, Fitzgerald ME, et al. Temperature-dependent innate defense against the common cold virus limits viral replication at warm temperature in mouse airway cells

Proc Natl Acad Sci U S A. (2015). Ran L, Zhao W, Wang J, et al. Extra dose of vitamin C based on a daily supplementation shortens the common cold: A meta-analysis of 9 randomized controlled trials. Biomed Res Int. (2018).

Martineau AR, et al. Vitamin D supplementation to prevent acute respiratory tract infections: systematic review and meta-analysis of individual participant data. BMJ. (2017).


Tags: ,