fbpx
LOGO

Yohimbine, Herbal Alami untuk Tingkatkan Gairah Seksual

July 28, 2020
IMG

Yohimbine merupakan senyawa alkanoid utama yang berasal dari kulit tanaman Yohimbe (Pausinystalia yohimbe). Yohimbe merupakan tanaman cemara asli Afrika yang tumbuh di Afrika bagian barat seperti Nigeria, Kamerun, Kongo, dan Gabon. 

 

Yohimbine berfungsi membakar lemak dan utamanya digunakan untuk menghilangkan lemak selama puasa jangka pendek. Yohimbine juga merupakan zat kimia yang digunakan untuk merangsang daya seksual (afrodisiak) yang mampu membantu disfungsi ereksi.

 

Di Amerika Serikat yohimbe umum digunakan sebagai obat, namun sebaliknya yohimbe justru dilarang di Jerman karena dianggap membahayakan.

 

 

Manfaat

 

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Sebuah penelitian meneliti efek yohimbine pada 20 wanita obesitas yang diberikan treatment diet rendah kalori sebanyak 1.000 kalori per hari selama tiga minggu. Sebanyak 10 wanita secara acak diberikan 5 mg yohimbine per oral 4 kali sehari dan 10 wanita diberikan plasebo dengan dosis yang sama.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi yohimbine memiliki rata-rata penurunan berat badan secara signifikan lebih banyak (3,6 kg) daripada rata-rata penurunan pada kelompok plasebo (2,2 kg) (1).

 

Penelitian yang melibatkan pemain sepak bola profesional juga menunjukkan bahwa mengonsumsi yohimbine setiap hari selama 21 hari terbukti mampu menurunkan lemak tubuh  namun tidak memiliki efek yang signifikan terhadap massa tubuh, massa otot, atau indikator kinerja pada pemain. Pada penelitian ini juga tidak didapatkan efek samping dari penggunaan yohimbine (2).

 

2. Membantu Mengobati Disfungsi Ereksi

Pada beberapa penelitian tentang efektifitas monoterapi yohimbine menunjukkan bahwa yohimbine efektif mengobati disfungsi ereksi. Hasil tersebut dipercaya karena kemampuan afrodisiak alami yang terkandung didalamnya. Sebuah tinjauan terhadap tujuh penelitian terkontrol menunjukkan bahwa kelompok yang diberi terapi yohimbine lebih efektif mengatasi disfungsi ereksi daripada kelmpok plasebo (3).

 

Salah satu studi dalam ulasan tersebut meneliti efek yohimbine pada 82 veteran pria yang mengalami disfungsi ereksi. Setelah diberikan terapi yohimbine selama satu bulan didapatkan sebanyak 34% pasien yang mengonsumsi yohimbine mengalami perbaikan sebagian gejala disfungsi ereksi, sementara 20% pasien melaporkan ereksi penuh dan berkelanjutan (4).

 

 

Sumber 

 

Kulit pohon yohimbe (Pausinystalia yohimbe).

 

 

Dosis Pemakaian

 

• Untuk menurunkan berat badan atau meningkatkan pembakaran lemak: Sesuaikan dosis dengan berat badan, yaitu dosis 0,2 mg / kg berat badan.

 

• Untuk mengatasi disfungsi ereksi: Konsumsi yohimbine 15-30 mg sehari.

 

 

Efek Samping

 

Pusing 

Mual

Susah tidur

Gelisah

Detak jantung cepat

Tekanan darah meningkat

Halusinasi

Kelumpuhan

Masalah hati, ginjal, atau jantung

 

 

Kontraindikasi

 

Anak dibawah usia 18 tahun

Ibu hamil atau menyusui

Orang lanjut usia (lansia)

Penderita maag

Penderita penyakit ginjal, jantung, atau hati 

Skizofrenia

Orang dengan masalah prostat

Tekanan darah tinggi atau rendah

Gangguan stres pasca-trauma 

Gangguan panik

Pasien pra operasi

 

Saat mengonsumsi Yohimbe, hindari mengonsumsi:

 

Makanan yang mengandung tyramine (mis., hati, keju, anggur merah) dan produk bebas yang mengandung bahan phenylpropanolamine, seperti dekongestan 

 

Obat antidepresan

 

Clonidine (Catapres)

 

Guanabenz (Wytensin)

 

Obat anti-hipertensi

 

Naloxone (Narcan)

 

Fenotiazin

 

Stimulan seperti dietilpropion (Tenuate), epinefrin, phentermine (Ionamin), pseudoephedrine (Sudafed), dan banyak lainnya.

 

 

Referensi

Patel, Kamal. (2014). Yohimbine. Examine. Diakses pada 18 Juli 2019.

Wong, Cathy. (2019). The safety concerns and health benefits of yohimbe. Very Well Health. Diakses pada 18 Juli 2019.

Pearson, Keith. (2019). Yohimbe: Benefits, uses and side effects. Healthline. Diakses pada 18 Juli 2019.

WebMD. (2018). Yohimbe, diakses dari https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-759/yohimbe  pada 18 Juli 2019.

Kucio C, Jonderko K, Piskorska D. Does yohimbine act as a slimming drug?. Isr J Med Sci. (1991). 

Ostojic SM. Yohimbine: The effects on body composition and exercise performance in soccer playersRes Sports Med. (2006).

Ernst E, Pittler MH. Yohimbine for erectile dysfunction: a systematic review and meta-analysis of randomized clinical trials. J Urol. (1998). 

Susset JG, Tessier CD, Wincze J, Bansal S, Malhotra C, Schwacha MG. Effect of yohimbine hydrochloride on erectile impotence: A double-blind study. J Urol. (1989). 


Tags: , ,