fbpx
LOGO

5 Langkah Perlindungan Menghadapi New Normal

November 9, 2020
IMG

Tingginya kasus Covid-19 membuat pemerintah menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Ditambah dengan mulai diterapkanya new normal membuat kita harus ekstra hati-hati dalam beraktivitas.  Hingga saat ini, belum ada obat yang terbukti ampuh memerangi novel coronavirus atau Covid-19. 

 

Untuk melindungi diri Anda dan keluarga Anda, lakukan tips berikut sebagai persiapan menjalani era new normal.

 

1. Cuci tangan 6 langkah

Fakta menyebutkan bahwa banyak orang yang tidak memedulikan kebersihan tangan ketika makan. Beberapa bahkan tidak mencuci tangan setelah melakukan buang air kecil atau besar. 

 

Tangan adalah bagian yang sangat mudah berkontak langsung dengan virus, bakteri, dan patogen lainnya. Mencuci tangan 6 langkah menggunakan sabun selama 40-60 detik atau dengan hand sanitizer selama 20-30 detik dapat membunuh kuman yang menempel. Bersihkan permukaan tangan secara menyeluruh.

 

6 langkah cuci tangan yang benar menurut WHO yaitu :

• Tuang sabun atau cairan handrub pada telapak tangan kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut dengan arah memutar

• Usap dan gosok juga kedua punggung tangan secara bergantian

• Gosok sela-sela jari tangan hingga bersih

• Bersihkan ujung jari secara bergantian dengan posisi saling mengunci

• Gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian

• Letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan, bilas jika menggunakan sabun

 

Untuk berjaga-jaga, selalu membawa hand sanitizer kemanapun Anda pergi. Hand sanitizer memang tak seefektif sabun dalam membunuh virus dan bakteri, namun ini dapat melemahkan kerja virus dan bakteri dalam sejenak. 

 

Setelahnya disarankan untuk tetap mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir bila memungkinkan.

 

2. Minimalisir menyentuh area wajah dengan tangan

Kita tidak menyadari benda apa saja yang dipegang dan berapa banyak patogen berbahaya yang menempel di telapak tangan. Penularan Covid-19 terbanyak adalah melalui tangan, yang kemudian masuk ke tubuh melalui mata, hidung, dan mulut.

 

Kini sudah banyak masker hidung yang tersedia untuk melindungi area wajah dari kontak dengan tangan. Selain itu, masker juga dapat melindungi dari penularan Covid-19 melalui udara. 

 

Jangan lupa untuk menjaga kebersihan masker. Jangan gunakan masker yang sama dalam waktu lama. Gantilah masker Anda kurang lebih 4 jam sekali dan cuci masker dengan bersih. Hal penting yang harus diperhatikan adalah gunakan masker dengan baik dan bernar serta hindari menaik-turunkan masker.

 

3. Selalu ingat untuk jaga jarak

Jaga jarak sejauh dua meter atau physical distancing telah diterapkan sejak awal mula wabah Covid-19 merebak. Hal ini dimaksudkan untuk meminimalisir kontak dengan orang lain, sehingga menekan angka penularan. 

 

Kita tidak mengetahui siapa dan apa saja yang sudah berkontak langsung dengan orang yang kita temui. Maka dari itu, menjaga jarak dan meminimalisir interaksi fisik sangatlah disarankan.

 

4. Berolahraga secara teratur

Social distancing tidak berarti menghentikan rutinitas untuk berolahraga. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar tubuh Anda tetap bugar. Jika biasanya Anda berolahraga di luar ruangan, Anda bisa melakukan jenis olahraga di dalam ruangan.

 

Jika Anda berolahraga di gym, pastikan untuk tetap jaga jarak dengan orang lain sejauh 2 meter. Namun, lebih disarankan untuk berolahraga di dalam rumah. Anda bisa menonton tayangan fitness sebagai panduan Anda dalam berolahraga.

 

5. Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi

Menerapkan pola hidup sehat dapat membantu Anda tetap sehat dan bugar. Jaga jam tidur teratur dan minimalisir konsumsi makanan yang diproses tinggi. Mengonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang meningkatkan kekebalan tubuh Anda, menjadikan Anda terhindar dari virus dan penyakit.

 

Nutrisi yang berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh adalah vitamin A, C, D, E, B kompleks, zinc (seng), dan zat besi.

 

International Society for Immunonutrition (ISIN) mempublikasikan asupan nutrisi harian yang tepat untuk meningkatkan antibodi:

 

Vitamin C: 200–2,000 mg 

Vitamin E: 134–800 mg

Zinc: 30–220 mg

 

Adapun untuk lansia dengan tekanan darah rendah disarankan meningkatkan asupan vitamin D sebanyak 400–4,000 IU (10–100 mcg). Anda bisa memenuhi kebutuhan nutrisi harian melalui sumber alami seperti buah dan sayur, serta sinar matahari untuk vitamin D.

 

Anda juga bisa mengonsumsi suplemen. Namun, berhati-hati meminum suplemen yang dijual bebas karena berpotensi memiliki bahaya yang tidak Anda ketahui. Selain itu, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen. 

 

 

 

Catatan SelamatSehat

 

Tips perlindungan diatas tidak menjamin Anda terlindungi dari virus Covid-19 atau bahkan menyembuhkan Anda jika terinfeksi. Namun, tips diatas sangat dianjurkan untuk dilakukan sebagai upaya meningkatkan kekebalan tubuh.

 

 

Referensi

International Society for Immunonutrition. (2020). ISIN Position Statement on Nutrition, Immunity and COVID-19. Diakses pada 01 September 2020.

Patel K. (2020). Coronavirus disease 2019 (COVID-19). Diakses pada 01 September 2020.

WHO. (2009). How to wash hand. Diakses pada 01 September 2020.


Tags: ,