fbpx
LOGO

Berapa Banyak Jumlah Lemak yang Diperoleh Tubuh dalam Sehari?

October 16, 2020
IMG

Bahan bakar energi tubuh berasal dari lemak, protein, dan karbohidrat. Namun, jika Anda makan lebih banyak kalori daripada yang dibakar, maka berat badan Anda akan bertambah.

 

Semakin banyak kalori yang dimakan, semakin banyak lemak yang didapat, maka semakin bertambah pula berat badan Anda.

 

Kecepatan metabolisme pada tubuh tidak berpengaruh pada berat badan karena asupan lemak berlebih selalu dikaitkan dengan peningkatan berat badan, obesitas, dan masalah kesehatan lainnya. Salah satu cara untuk menjaga berat badan ideal yaitu usahakan membatasi asupan kalori agar tidak melebihi rekomendasi asupan harian.

 

Tapi, pernahkah Anda berpikir, berapa banyak lemak yang bisa Anda dapatkan dalam sehari?

 

 

Kata penelitian

 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang-orang dengan surplus kalori (kalori yang masuk lebih besar dibandingkan kalori yang dibakar) 1.200 hingga 1.500 setiap hari, mendapatkan sekitar seperlima dari 1/2 kg lemak per hari.

 

Jumlah lemak yang didapatkan lebih sedikit dari yang dibayangkan, sehingga muncul beberapa pertanyaan terkait penyebab penambahan berat badan setelah mengonsumsi lemak. Hal tersebut bisa berkaitan dengan tiga hal, yaitu natrium, karbohidrat, dan air (1, 2).

 

Ketika seseorang mengonsumsi banyak variasi makanan, mereka pasti makan lebih banyak garam dan karbohidrat daripada biasanya. Garam mengandung sodium (natrium) dan konsumsi sodium berlebih dapat meningkatkan total cadangan air tubuh.

 

Karbohidrat juga memiliki efek seperti sodium. Setiap Anda mengonsumsi 400 gram karbohidrat, itu bisa membawa 1.200 hingga 1.600 gram (~ 1,3 hingga 1,8 kg) air.

 

 

 

Umumnya, dalam sehari berat badan Anda bisa naik 2 – 4,5 kg akibat asupan sodium (natrium), karbohidrat, dan penyimpanan air. Hal tersebut bisa diturunkan, namun angka tersebut membuat Anda merasa terlalu banyak mendapatkan lemak.

 

Berbeda halnya jika Anda hadir atau merayakan acara tertentu yang menyediakan sangat banyak hidangan. Bila normalnya seseorang memperoleh sekitar 0,2 kg lemak per 1.000 kalori makanan, maka ketika Anda makan lima kali jumlah tersebut, kemungkinan Anda mendapatkan sekitar 1/2 kg lemak.

 

Dalam skema besar, Anda dapat dengan mudah menurunkan berat badan kembali dengan melakukan diet yang benar, termasuk makan secara normal dan mengurangi cadangan air dan glikogen, selama seminggu. 

 

 

Kesimpulan

 

Pesta makan atau makan berlebih akan selalu menyebabkan kenaikan berat badan karena peningkatan lemak. Namun ini bergantung pada apa yang dimakan, seberapa banyak hidangan yang dimakan, dan bagimana respon tubuh terhadap makanan berlebih.

 

Tidak diketahui secara pasti berapa banyak lemak yang bisa seseorang dapat ketika makan berlebih, tetapi batas normalnya adalah seperlima dari 1/2 kg lemak tubuh per 1.000 kalori di atas kebutuhan Anda.

 

Dalam skenario terburuk, Anda bisa mendapatkan hingga 1 kg lemak dalam satu hari.

 

Jika Anda menjaga asupan lemak tetap dalam batas normal, dan sebagian besar mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat dan protein, Anda bisa mencapai paling banyak 0,11 kg lemak dalam sehari. 

 

Untuk menghindari obesitas dan penambahan berat badan, disarankan untuk tidak mengkonsumsi kalori lebih dari yang dibutuhkan. Perbanyaklah konsumsi makanan utuh dan makanan yang diproses secara minim.

 

 

Referensi

Legge A. (2017). How much fat can you gain in a single day of bingeing? What 20 studies say. Legion Athletics. Diakses pada 30 Oktober 2019.

Horton TJ, Drougas H, Brachey A, Reed GW, Peters JC, Hill JO. Fat and carbohydrate overfeeding in humans: Different effects on energy storage. Am J Clin Nutr. (1995). 

Johannsen DL, Tchoukalova Y, Tam CS, et al. Effect of 8 weeks of overfeeding on ectopic fat deposition and insulin sensitivity: testing the “adipose tissue expandability” hypothesis. Diabetes Care. (2014).


Tags: