fbpx
LOGO

Cara Meningkatkan Metabolisme Secara Alami

October 28, 2020
IMG

Metabolisme adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan semua reaksi kimia yang terlibat dalam mempertahankan keadaan sel dan organisme hidup. Ini merupakan proses tubuh yang dibutuhkan untuk mempertahankan kehidupan.

 

Sederhananya, metabolisme adalah merubah kalori menjadi energi. 

 

Metabolisme adalah proses penting bagi seluruh makhluk hidup. Menurut Alex Robles, MD, dokter dan pelatih pribadi bersertifikat dari White Coat Trainer, metabolisme dapat dibagi menjadi dua fase:

 

Katabolisme: Ketika tubuh Anda perlu memecah atau mengurai molekul untuk menghasilkan energi.

 

Anabolisme: Ketika tubuh Anda mengambil molekul untuk membangun kembali jaringan dan penyimpanan energi (sintesis semua senyawa yang dibutuhkan oleh sel).

 

Tingkat pembakaran kalori dikenal sebagai tingkat metabolisme basal atau basal metabolic rate (BMR). Apapun aktivitas yang Anda jalani, tubuh mengubah kalori menjadi energi, dan energi itu digunakan untuk menguatkan dan memelihara sel-sel tubuh.

 

Ada banyak faktor yang mempengaruhi BMR termasuk usia, jenis kelamin, komposisi tubuh, profil hormon dan tingkat peradangan. Metabolisme juga dapat dipengaruhi oleh kondisi kesehatan seseorang seperti sindrom ovarium polikistik, penyakit ginjal, defisiensi nutrisi, dan lainnya.

 

Metabolisme seringkali dikaitkan dengan masalah berat badan, meskipun terdapat faktor lain yang tidak bisa diabaikan seperti pola makan dan gaya hidup sehat. 

 

 

Hal-hal yang mempengaruhi metabolisme

 

Ada beberapa hal yang dapat memengaruhi metabolisme, diantaranya:

Jenis obat tertentu yang dapat memengaruhi metabolisme, seperti mempercepat atau memperlambatnya

Sarapan setiap hari yang dikatakan mampu mempercepat metabolisme 

Penurunan berat badan

• Faktor usia

 

 

Metabolisme dan suplemen penguat metabolisme

 

Peningkatan metabolisme dikaitkan dengan penurunan berat badan dan fungsi tubuh yang sehat. Mengonsumsi suplemen adalah cara mudah untuk mencapai tujuan tersebut.

 

Namun, Anda harus tetap mempertimbangkan faktor lain yang mempengaruhi metabolisme untuk mendapatkan hasil sesuai yang diinginkan dengan cepat.

 

Selain itu, suplemen makanan tidak diatur dengan cara yang sama seperti makanan dan produk obat konvensional. Itu artinya penting untuk membeli suplemen dari perusahaan terkemuka yang telah terbukti jelas bahan dan sumbernya. 

 

Dalam hal pil dan suplemen penguat metabolisme, perusahaan dapat menggunakan kombinasi bahan yang telah terbukti mendukung manajemen berat badan dan pembakaran lemak, seperti kafein, capsaicin, dan asam linoleat terkonjugasi (CLA). Namun, bahan-bahan tersebut belum terbukti kuat kemampuannya untuk meningkatkan metabolisme. 

 

Masalah lainnya, suplemen tersebut kemungkinan mengandung bahan tambahan seperti pemanis dan pewarna buatan.

 

 

 

Meningkatkan metabolisme secara alami

 

Untuk meningkatkan metabolisme dan mempertahankannya dalam jangka panjang, fokuslah pada aktivitas fisik dan pola makan Anda. Makanlah makanan yang kompleks dan padat nutrisi seperti sayuran dan protein sedang.

 

Mengonsumsi makanan yang seimbang akan menghasilkan perasaan kenyang lebih lama dibandingkan makanan olahan seperti donat. 

 

Menurut Robles, semakin kompleks makanannya, semakin banyak tubuh harus bekerja. Makanan olahan yang penuh gula sederhana memudahkan tubuh Anda untuk melakukan metabolisme, yang mengarah ke asupan kalori tinggi dengan nutrisi minimal.

 

Selain itu, hindari diet kalori ketat. Membatasi kalori akan menempatkan Anda ke posisi defisit kalori. Ketika Anda membatasi kalori dalam waktu lama, tubuh akan merespon dengan memperlambat metabolisme Anda.

 

Cara lainnya adalah tetap bergerak aktif dengan berolahraga. Membangun otot adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan metabolisme.

 

Tubuh harus membakar kalori untuk mempertahankan massa otot. Semakin banyak massa otot yang dimiliki, maka semakin banyak kalori yang dibakar tubuh dan lebih banyak tubuh memproduksi energi. 

 

Yang paling penting, Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mengatasi masalah kesehatan yang berisiko mengganggu metabolisme tubuh Anda.

 

 

Referensi

Paredes R. (2019). How to increase your metabolism without pills or boosters. Bulletproof. Diakses pada 17 Oktober 2019.

Mandal A. (2019). What is metabolism?. News Medical Life Science. Diakses pada 17 Oktober 2019.

Mayo Clinic. (2017). What exactly is metabolism?. Mayo Clinic. Diakses pada 17 Oktober 2019.


Tags: