fbpx
LOGO

Cara Meningkatkan Sensitivitas Insulin Secara Alami

October 28, 2020
IMG

Insulin adalah hormon alami yang diproduksi oleh pankreas yang berguna untuk mengatur kadar gula darah dalam tubuh dan melindungi dari kelebihan gula darah (hiperglikemia) atau kadar gula darah yang terlalu rendah (hipoglikemia).

 

Istilah sensitivitas insulin seringkali terdengar. Sensitivitas insulin merupakan fenomena yang terjadi di dalam tubuh yang menggambarkan seberapa sensitif atau peka seseorang terhadap efek insulin untuk mengurangi peningkatan kadar glukosa darah.

 

Seseorang yang dikatakan sensitif insulin membutuhkan insulin dalam jumlah yang lebih kecil untuk menurunkan kadar glukosa darah dibandingkan seseorang dengan sensitivitas rendah. 

 

Sensitivitas insulin yang rendah menunjukkan seseorang mengalami resistensi insulin. Resistensi insulin adalah kondisi yang menandakan bahwa tubuh Anda tidak lagi dapat merespons kerja insulin sebagaimana mestinya. Sehingga resistensi insulin dapat menjadi faktor risiko utama untuk pengembangan penyakit diabetes tipe 2

 

 

Jenis sensitivitas insulin

 

Terdapat tiga jenis sensitivitas insulin, yaitu:

 

1. Sensitivitas insulin perifer

Sensitivitas insulin perifer menggambarkan seberapa mudah sel-sel tubuh dalam jaringan perifer Anda seperti pada jaringan otot dan lemak dapat menyerap glukosa, baik dengan sendirinya (otot dapat menyerap glukosa saat berkontraksi) atau ketika insulin menstimulasi mereka. Ini adalah bentuk resistensi insulin yang paling terkenal.

 

2. Sensitivitas insulin hati

Sensitivitas insulin hati terkait dengan proses glukoneogenesis, produksi gula darah baru. Biasanya faktor peradangan (inflamasi) dapat menyebabkan resistensi insulin sehingga menghambat sinyal pada hati untuk berhenti memproduksi glukosa. 

 

3. Sensitivitas insulin pankreas

Sensitivitas insulin pankreas adalah fungsi sel yang mengeluarkan insulin, yaitu sel beta. Jika sel beta rusak atau tidak berfungsi, resistensi insulin dapat berkembang.

 

Kerusakan sel beta menarik banyak perhatian dalam bidang penyakit seperti diabetes tipe I (insufisiensi insulin) atau kista fibriosis.

 

 

 

Penyebab sensitivitas insulin

 

Para peneliti belum sepenuhnya memahami apa yang menyebabkan tubuh menjadi sensitif terhadap insulin. Tetapi mereka telah menemukan adanya hubungan yang kuat antara kelebihan lemak di sekitar organ (disebut lemak visceral) dan penurunan sensitivitas insulin.

 

Walaupun obesitas terkait dengan sensitivitas insulin, sensitivitas insulin juga berkaitan dengan gaya hidup yang dapat menyebabkan terjadinya diabetes tipe 2 pada anak maupun dewasa.

 

 

Cara meningkatkan sensitivitas insulin

 

Memulai gaya hidup sehat adalah salah satu cara meningkatkan sensitivitas insulin secara alami. Mulailah atur pola makan dengan mengonsumsi sedikit karbohidrat dan perbanyaklah konsumsi sayur-sayuran.

 

Berolahragalah secara rutin. Olahraga yang paling bermanfaat adalah latihan aerobik seperti jogging, atau pelatihan ketahanan (anaerob) seperti angkat beban. 

 

Kemampuan untuk membalikkan resistensi insulin dengan olahraga tampaknya tidak berbeda antara orang dengan usia muda dan tua. Olahraga cenderung direkomendasikan untuk orang yang lebih tua untuk meningkatkan metabolisme glukosa. 

 

Anda juga dapat mengonsumsi suplemen. Beberapa suplemen untuk menginduksi efek kepekaan insulin yaitu resveratrol atau karnitin (L-Carnitine). Anda juga dapat mengonsumsi katekin teh hijau atau asam klorogenat untuk menghambat atau menunda penyerapan karbohidrat.

 

Untuk mendapatkan sensitivitas insulin, dianjurkan untuk menggunakan beberapa suplemen ini bersamaan dengan diet dan olahraga yang kondusif. Sebelum mengambil suplemen, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter dan tetap konsumsi sesuai dengan anjuran dokter. 

 

 

Referensi

Kamal P. (2018). How do I increase insulin sensitivity?. Examine. Diakses pada 16 Oktober 2019.

Diabetes community. (2018). Insulin sensitivity. Diabetes. Diakses pada 16 Oktober 2019.


Tags: