fbpx
LOGO

Kenali Manfaat Epimedium, Solusi Dibalik Kekuatan Pria

June 26, 2020
IMG

Horny goat weed (Epimedium) atau rumput tanduk kambing dan disebut juga Yin-yang huo adalah tanaman yang umum dijadikan ramuan obat dalam pengobatan tradisional Cina.

 

Praktisi pengobatan China menjadikan tanaman ini sebagai afrodisiak untuk membantu meningkatkan kesehatan seksual dan juga untuk mengobati berbagai masalah seperti penyakit ginjal, masalah tulang, menjaga kesehatan jantung, serta memperkuat fungsi kognitif.

 

Zat aktif icariin pada tanaman ini merupakan jenis senyawa prenil-flavonoid, sejenis antioksidan yang terbukti memiliki banyak sifat anti-penuaan dan sering ditemukan dalam berbagai makanan sehat dan buah-buahan seperti beri-berian, teh hijau atau oolong, kakao mentah, dan rempah segar seperti daun peterseli.

 

Selain itu epimedium juga mengandung senyawa desmetilikaritin yang bermanfaat sebagai fitoestrogen, yakni mendukung produksi estrogen pada wanita menopause. 

 

 

Manfaat

 

 

1. Meningkatkan Kekuatan Tulang dan Otot

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa icariin memiliki efek positif pada pembentukan massa otot. Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Sexual Medicine menyatakan bahwa ICA (icariin) juga memiliki efek neurotropik, jenis protein yang membantu perkembangan, pertumbuhan, dan fungsi neuron atau sel otak (1).

 

Icariin dipercaya membantu tubuh dalam mengeluarkan protein yang memungkinkan sel untuk tumbuh dan berkontribusi pada perbaikan jaringan. Atlet dan binaragawan seringkali memakai icariin sebagai bahan aktif dalam suplemen karena efeknya yang mampu meningkatkan pemulihan setelah latihan dan kinerja atletik yang lebih baik (2).

 

Studi pada hewan yang dilakukan oleh Departemen Kimia dan Bioteknologi di Universitas Tokyo, Jepang juga menemukan bahwa rumput tanduk kambing berperan pada pemulihan kepadatan tulang sehingga membantu mencegah gejala yang berkaitan dengan osteoporosis, seperti patah tulang atau penurunan kepadatan tulang belakang. Mereka mengatakan icariin sebagai kandidat kuat untuk senyawa osteogenik yang digunakan dalam rekayasa pertumbuhan jaringan tulang (3).

 

Penelitian serupa yang dilakukan oleh Institut Pusat Ortopedi Rumah Sakit Umum Lanzhou di Cina juga menunjukkan bukti yang sama, bahwa icariin dapat membantu mencegah osteoporosis dengan meningkatkan kepadatan tulang dan proses pembentukan tulang, mengurangi resorpsi tulang dan memperbaiki struktur mikro tulang (4).

 

Studi lain menemukan bahwa mengonsumsi ekstrak rumput tanduk kambing selama 24 bulan dapat membantu menghentikan terjadinya pengeroposan tulang belakang dan pinggul pada wanita pasca-menopause (5).

 

2. Membantu Meningkatkan Kesehatan Seksual

Rumput tanduk kambing dapat membantu menormalkan kadar kortisol dan mengurangi beberapa efek negatif dari stres pada tubuh, mencakup penurunan gairah seks, kelelahan mental dan berbagai masalah dengan keseimbangan hormon atau kinerja seksual. Dengan membantu menormalkan kadar testosteron dan estrogen, tanaman ini juga bermanfaat untuk mengatasi gejala disfungsi seksual seperti lemah syahwat, ejakulasi dini, dan kekeringan pada vagina (6).

 

Icariin yang terkandung dalam rumput tanduk kambing juga merupakan vasodilator yang berfungsi untuk meningkatkan aliran darah serta memiliki beberapa kemampuan anti-inflamasi. Efek lain yang mungkin dimiliki oleh icariin adalah menghambat enzim acetylcholinesterase (AChE), enzim yang berkaitan dengan sinapsis neurotransmitter dan berbagai fungsi neuromuskuler (7).

 

3. Mengobati Disfungsi Ereksi (DE)

Sebuah penelitian menggunakan subyek tikus berusia 12 minggu yang mengalami cedera himpitan saraf kavernosa pada area genital kemudian diberikan intervensi berupa suplementasi icariin setiap harinya. Hasil yang didapatkan adalah adanya peningkatan kadar oksida nitrat dan efek otot polos yang menyebabkan penurunan gejala DE oleh kerusakan saraf. Suplementasi secara signifikan juga meningkatkan hasil fungsional penis dibandingkan dengan kelompok kontrol (8).

 

Studi lain menemukan bahwa icariin efektif menghambat PDE5, zat yang menghalangi terjadinya proses ereksi pada pria. Suplementasi icariin mampu meningkatkan efek oksida nitrat lebih banyak dan membantu mempertahankan ereksi (9).

 

4. Menstabilkan Hormon Selama dan Pasca Menopause

Dalam pengobatan tradisional Cina (TCM) rumput tanduk kambing atau Yin Yang Huo terbukti membantu menghasilkan energi yin, memulihkan tingkat energi, dan menghasilkan keseimbangan. Hal ini sangat membantu mengatasi terjadinya berbagai efek perubahan hormon akibat menopause (10).

 

Sebuah penelitian dilakukan untuk mengetahui efek ekstrak epimedium dengan hormon esterogen. Peneliti memberikan tiga dosis ekstrak epimedium (100, 300, dan 600 mg) kepada hewan coba tikus. Hasilnya, prenylflavonoid dalam tanaman ini bertindak sebagai fitoestrogen yang berperan dalam meningkatkan kadar estrogen. Adanya bahan aktif icariin juga dikaitkan dengan penurunan gejala menopause, seperti libido rendah dan osteoporosis. Para peneliti menyimpulkan bahwa epimedium dapat digunakan untuk mengatasi berbagai gejala menopause dan kondisi lain yang mempengaruhi kesehatan pasca menopause (11).

 

 

Sumber Makanan

 

Tanaman rumput tanduk kambing (Epimedium) memiliki nama lain yang umum digunakan, antara lain:

Herba Epimdii

Icariin

Ramuan domba gaduh / Rowdy lamb herb

Topi Uskup / Bishop’s hat

Yin-yang-huo

Sayap Peri / Fairy wings

Barrenwort

 

 

Dosis Pemakaian

 

Epimedium tersedia dalam bentuk kapsul, tablet, bubuk, maupun dalam bentuk sediaan teh daun epimedium. Dosis ekstrak epimedium sangat bervariasi, disesuaikan dengan beberapa faktor seperti usia, kondisi kesehatan, jenis kelamin, dan berbagai faktor lainnya.

 

Adapun dosis yang direkomendasikan yaitu: 

180 – 900 miligram per hari untuk wanita pasca-menopause

900 – 1.500 miligram per hari untuk pria dewasa

 

Sebuah studi menggunakan dosis icariin yang lebih rendah (1-10 miligram / kg berat badan), yaitu:

11-110 miligram Icariin untuk orang dengan berat badan 69 kg

15-150 miligram Icariin untuk orang dengan berat badan 91 kg

18-180 miligram Icariin untuk orang dengan berat badan 113 kg

 

Penelitian pada wanita pasca menopause dan kesehatan tulang mencatat bahwa dosis terendahnya adalah 60 miligram icariin yang dapat dikonsumsi setiap hari.

 

 

Interaksi Sinergi

 

Yohimbine: Yohimbine memiliki efek yang hampir sama dengan icariin dalam memperbaiki kondisi disfungsi ereksi pada pria. Kombinasi yohimbine dengan epimedium diketahui meningkatkan sinergisitas dalam meningkatkan tekanan intrakaverna penis dan mempertahankan ereksi dengan lebih baik. 

 

P-glikoprotein inhibitor: Mengkombinasikan epimedium dengan jenis obat ecdysteroid atau capsium karotenoid dapat meningkatkan bioavailibiltas icariin dalam darah. 

 

 

Kontraindikasi

 

Ibu hamil atau menyusui disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu sebelum mengonsumsi suplemen ini.

 

Bagi seseorang yang memiliki kondisi seperti riwayat kanker, penyakit jantung, penyakit hati, penyakit ginjal, atau masalah kesehatan serius lainnya seperti diabetes, diharapkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

 

Orang-orang yang mengalami gangguan pendarahan atau pasca pemulihan operasi juga tidak boleh mengonsumsi suplemen epimedium, karena dapat mengganggu sirkulasi dan pembekuan darah.

 

Orang dengan tekanan darah tinggi tidak disarankan mengonsumsi suplemen ini.

 

Hindari konsumsi ekstrak epimedium jika sedang mendapatkan perawatan dengan obat-obatan seperti anti-hipertensi dan anti-koagulan.

 

 

Efek Samping

 

Suplemen ini biasanya dapat ditoleransi dengan baik, namun memiliki efek samping sementara yang dapat muncul seperti:

Meningkatnya rasa haus atau mulut kering

Pusing

Mual dan muntah

Mimisan

Kejang

Gangguan irama jantung dan pernapasan

 

 

Referensi:

Patel, Kamal. (2013). Horny goat weed. Examine. Diakses pada 17 Juni 2019.

Levy, Jillian. (2018). Horny goat weed benefits for libido & bone health. Dr Axe. Diakses pada 17 Juni 2019.

WebMD. (2018). Horny goat weed. Diakses pada 17 Juni 2019.

Morris, S. Y., dan Sarachik, Justin. (2016). Men’s health: Does horny goat weed work for erectile dysfunction?. Healthline. Diakses pada 17 Juni 2019.

Wong, Cathy. (2019). The health benefits of horny goat weed. Very Well Health. Diakses pada 17 Juni 2019

Shindel AW, Xin ZC, et al. Erectogenic and neurotrophic effects of icariin, a purified extract of horny goat weed (epimedium spp.) in vitro and in vivo. J Sex Med. (2010). 

Zhao J, Ohba S, Komiyama Y, Shinkai M, Chung UI, Nagamune T. Icariin: A potential osteoinductive compound for bone tissue engineering. Tissue Eng Part A. (2010).

Gao Y, Yang F, Xi H, Li W, Zhen P, Chen K. Effects of icariin total flavonoids capsule on bone mineral density and bone histomorphometry in growing rats. Zhejiang Da Xue Xue Bao Yi Xue Ban. (2016).

Xu JH, Yao M, Ye J, et al. Bone mass improved effect of icariin for postmenopausal osteoporosis in ovariectomy-induced rats: A meta-analysis and systematic review. Menopause. (2016).  

Liu W, Xin Z, Xin HZ, Yuan Y, Tian L, Guo Y. Effects of icariin on erectile function and expression of nitric oxide synthase isoforms in castrated rats. Asian journal of andrology. (2005).

Xin ZC, Kim EK, Lin CS, et al. Effects of icariin on cGMP-specific PDE5 and cAMP-specific PDE4 activities. Asian J Androl. (2003).

Wong SP, Shen P, Lee L, Li J, Yong EL. Pharmacokinetics of prenylflavonoids and correlations with the dynamics of estrogen action in sera following ingestion of a standardized epimedium extract. J Pharm Biomed Anal. (2009).


Tags: , , , ,