fbpx
LOGO

Makanan yang Boleh dan Tidak Boleh Dimakan Penderita Sensitivitas Gluten

October 12, 2020
IMG

Intoleransi gluten atau sensitivitas gluten adalah ketidakmampuan tubuh untuk mencerna atau memecah protein gluten yang ditemukan dalam gandum dan biji-bijian tertentu lainnya. Intoleransi dapat berkisar dari sensitivitas yang ringan, sedang, hingga penyakit celiac.

 

Menurut Institut Nasional Diabetes dan Penyakit Pencernaan dan Ginjal, sekitar 1 dari setiap 141 orang Amerika memiliki penyakit celiac. Penyakit celiac merupakan gangguan autoimun parah yang dipicu oleh konsumsi gluten yang menyebabkan kerusakan di usus kecil.

 

Bagi Anda yang memiliki sensitivitas gluten, dan akan atau sedang menjalani diet bebas gluten, disarankan untuk mengganti konsumsi produk yang mengandung gluten dengan produk bebas gluten.

 

Gluten umumnya ditemui dalam pasta, roti, kerupuk, bumbu dan campuran rempah.

 

 

Makanan yang mengandung gluten

 

Untuk Anda yang sedang bingung apa saja yang harus dimakan dan yang harus dihindari, berikut telah kami rangkum makanan yang harus dijauhi. 

 

1. Gandum murni dan segala bentuknya, termasuk:

Tepung gandum

Dedak gandum

Bibit gandum

Tepung kentang

Couscous

Durum

Einkorn

Emmer

Faro

Fu (umum dalam makanan Asia)

Gliadin

Tepung graham

Kamut

Matzo

Semolina

Dieja (Triticum spelta)

 

2. Biji-bijian, seperti:

Oat (yang terkontaminasi gluten)

Jelai (barley)

Gandum hitam (rye)

Bulgur

Seitan

Triticale dan Mir (persilangan antara gandum dan gandum hitam)

 

3. Barley malt

4. Kaldu ayam

5. Cuka malt

6. Beberapa dressing salad 

7. Burger vegetarian (jika tidak ditentukan bebas gluten)

8. Kecap

9. Bumbu dan campuran rempah

10. Mie soba

 

 

 

Makanan yang bebas gluten

 

Adapun makanan yang bebas gluten secara alami yaitu:

1. Buah dan sayuran

2. Kacang-kacangan (seperti kacang polong, legum)

3. Biji-bijian, seperti:

Amaranth

Soba

Jawawut

Quinoa

Sorgum

 

4. Nasi

5. Kentang

6. Tapioka

7. Kedelai

8. Jagung

9. Singkong 

10. Aarut

11. Minyak dan cuka

12. Telur

13. Produk susu

14. Ikan

15. Daging sapi tanpa lemak

16. Ayam

17. Makanan laut

 

Untuk memanggang atau membuat adonan kue, pasta, dan hidangan lainnya, Anda dapat menggunakan tepung pengganti yang bebas gluten, seperti:

Tepung beras merah

Tepung tapioka

Tepung jagung

Tepung singkong

Tepung buncis

Tepung oat

Tepung kelapa

Tepung almond

Tepung amaranth

Tepung sorgum

Tepung soba

Tepung teff

 

Sebelum makan di sebuah tempat makan, tanyakan pada pelayan apakah makanan mereka bebas gluten. Hal ini penting karena dapat memperburuk kondisi Anda yang menderita penyakit celiac, sensitivitas gluten, atau alergi gandum.

 

Kebanyakan produk yang mengandung gluten adalah kue, roti, pasta, dan makanan yang diproses lainnya. Akan lebih baik untuk fokus pada makanan lezat dan sehat yang bebas gluten seperti buah, sayur, produk susu, serta kacang dan biji-bijian yang bebas gluten.

 

 

Referensi

Kerr M, Cherney K. (2019). Gluten intolerance food list: What to avoid and what to eat. Healthline. Diakses pada 10 Oktober 2019.


Tags: ,