fbpx
LOGO

Manfaat 5-HTP sebagai Nootropik

September 30, 2020
IMG

5-HTP (5-Hydroxytryptophan) adalah asam amino yang secara alami di produksi di dalam tubuh manusia dan berasal dari proses sintesis triptofan pada makanan yang dikonsumsi.

 

5-HTP merupakan salah satu obat nootropik. Nootropik adalah suplemen yang bekerja sebagai penguat otak, diantaranya termasuk meningkatkan fungsi kognisi, memori, kemampuan belajar, fokus, mengurangi stres, dan tanpa menghasilkan efek samping yang signifikan. 

 

Sebagai contoh, susu mengandung 5-HTP yang menyebabkan suasana hati lebih baik dan mampu meningkatkan kualitas tidur di waktu bersamaan. Efek yang sama bahkan lebih baik bisa didapat melalui suplementasi 5-HTP, tanpa mengonsumsi susu.

 

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai nootropik, Anda dapat membaca artikel kami lainnya dengan judul Apa itu nootropik?

 

Sebagai nootropik, 5-HTP dapat dengan mudah melewati penghalang otak-darah dibanding dengan triptofan. 5-HTP juga lebih cepat diubah menjadi serotonin. Serotonin berperan dalam meningkatkan suasana hati, mengontrol perilaku, nafsu makan, mengatasi masalah tidur, dan fungsi seksual.

 

Berbagai penelitian juga menunjukkan bahwa 5-HTP membantu mengendalikan impuls, mengurangi kecemasan, serta menurunkan serangan panik. Suplementasi 5-HTP seringkali direkomendasikan untuk mengatasi depresi.

 

 

Manfaat

 

1. Membantu Mengobati Fibromyalgia

Fibromyalgia merupakan suatu penyakit nyeri otot di seluruh tubuh, yang juga ditandai dengan kelelahan dan gangguan tidur. Sebuah uji coba double-blind, terkontrol plasebo di Italia mempelajari kemanjuran 5-HTP dalam mengobati gejala fibromyalgia.

 

Penelitian tersebut melibatkan 50 pasien dengan sindrom fibromyalgia primer. Pada hasil penelitian ditemukan peningkatan signifikan dalam gejala fibromyalgia dengan efek samping ringan dan sementara (1).

 

2. Membantu Mengatasi Depresi

5-HTP seringkali direkomendasikan untuk mengatasi depresi dengan meningkatkan level serotonin. Pada beberapa penelitian suplementasi 5-HTP terbukti mengurangi gejala depresi. Kombinasi serotonin (5-HT) dan L-Tryptophan lebih efektif mengurangi gejala depresi daripada plasebo (2).

 

Namun demikian, penggunaan 5-HTP untuk depresi belum direkomendasikan secara medis. Diperlukan lebih banyak studi tambahan sebelum 5-HTP dapat disahkan sebagai pengobatan paten untuk depresi (3, 4).

 

3. Meningkatkan Kualitas Tidur

5-HTP dapat membantu mengatasi masalah tidur dengan meningkatkan produksi melatonin, hormon yang mengatur waktu tidur.

 

Penggunaan 5-HTP secara tunggal maupun dikombinasikan dengan gamma-aminobutyric acid (GABA) secara signifikan mengurangi waktu yang diperlukan untuk tertidur, meningkatkan durasi tidur, dan meningkatkan kualitas tidur (5, 6).

 

Disisi lain diperlukan penelitian dengan subyek manusia untuk mengetahui manfaat 5-HTP bila digunakan secara tunggal untuk meningkatkan kualitas tidur. 

 

 

 

Sumber Makanan

 

Ayam dan kalkun

Susu

Kentang

Lobak 

Sawi hijau

Rumput laut

Biji bunga matahari

• Biji tanaman Griffonia simplicifolia

 

 

Dosis

 

Rekomendasi dosis awalan 5-HTP yang disarankan adalah 50 mg (dosis rendah) sebanyak 3 kali sehari hingga 2 minggu. Tingkatkan dosis secara bertahap.

 

• Mengatasi kecemasan atau depresi: Gunakan dosis 150 – 300 mg per hari.

 

• Meredakan depresi pasca penggunaan MDMA (3,4-Methyl​enedioxy​methamphetamine atau pil ekstasi): Konsumsi 100 mg pada hari ke 3 hingga 7 setelah penggunaan MDMA.

 

 

Interaksi Sinergi

 

5-HTP dapat dikombinasikan dengan:

 

• Dopamin, norepinefrin, epinefrin: Kombinasi 5-HTP dan prekusor dopamin dengan perbandingan seimbang diperlukan untuk mendapatkan efek nootropik. Kadar yang tidak seimbang akan menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan.

 

Vitamin, metionin, sistein, homosistein, atau taurin: Mengoptimalkan sintesis 5-HTP dalam tubuh

 

GABA: Kombinasi 5-HTP dengan GABA dapat meningkatkan kualitas tidur.

 

 

Efek Samping

 

Konsumsi dosis tinggi dapat menimbulkan efek samping antara lain:

Dada panas dan berdebar

• Sakit kepala

• Gangguan pencernaan seperti nyeri perut, mual, muntah, dan diare

• Gangguan fungsi seksual

Ketegangan otot

 

Secara psikologis, penggunaan 5-HTP dosis tinggi dapat memicu perubahan suasana hati seperti agitasi, agresi, gelisah, euforia, psikosis, kesulitan beristirahat, hingga insomnia.

 

 

Kontraindikasi

 

Ibu hamil

Anak-anak

Gangguan mental seperti bipolar

Skizofrenia

 

Hindari mengombinasikan 5-HTP dengan berbagai obat anti-depresan, obat batuk, ataupun analgesik karena dapat menimbulkan sindrom serotonin yang beresiko mengancam nyawa.

 

 

Referensi:

Tomen D. (2017). 5-Htp. Nootropics Expert. Diakses pada 11 September 2019.

De Walle GV. (2018).  5 Science-based benefits of 5-htp (plus dosage and side effects). Healthline. Diakses pada 11 September 2019.

WebMD. (2018).  5-Htp. WebMD. Diakses pada 11 September 2019.

Caruso I, Sarzi Puttini P, Cazzola M, Azzolini V. Double-blind study of 5-hydroxytryptophan versus placebo in the treatment of primary fibromyalgia syndrome. J Int Med Res. (1990).

Shaw K, Turner J, Del Mar C. Are tryptophan and 5-hydroxytryptophan effective treatments for depression? A meta-analysis. Aust N Z J Psychiatry. (2002).

Jacobsen JPR, Krystal AD, Krishnan KRR, Caron MG. Adjunctive 5-Hydroxytryptophan slow-release for treatment-resistant depression: Clinical and preclinical rationale. Trends Pharmacol Sci. (2016). 

Hinz M, Stein A, Uncini T. 5-HTP efficacy and contraindications. Neuropsychiatr Dis Treat. (2012).

Shell W, Bullias D, Charuvastra E, May LA, Silver DS. A randomized, placebo-controlled trial of an amino acid preparation on timing and quality of sleep. Am J Ther. (2010).

Hong KB, Park Y, Suh HJ. Sleep-promoting effects of a GABA/5-HTP mixture: Behavioral changes and neuromodulation in an invertebrate model. Life Sci. (2016). 


Tags: , ,