fbpx
LOGO

Manfaat Suplemen Piruvat untuk Penurunan Berat Badan

August 7, 2020
IMG

Piruvat adalah zat perantara energi yang diperoleh dari proses pemecahan glukosa pada tubuh. Meski diproduksi secara alami di dalam tubuh, piruvat juga tersedia dalam bentuk suplemen.

 

Suplementasi piruvat dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan pembentukan energi dan penurunan berat badan melalui penyediaan energi yang lebih efisien dengan memintas kemampuan tubuh untuk menyimpan glukosa menjadi lemak.

 

Suplementasi piruvat dengan dosis tinggi sangat tidak disarankan karena dapat menyebabkan efek samping pada usus. Hal lain yang perlu digaris bawahi adalah zat ini mengandung kalori dan dapat menggantikan karbohidrat

 

 

Manfaat

 

1. Menghilangkan Massa Lemak dan Menurunkan Berat Badan

Pada beberapa penelitian yang melibatkan wanita dengan kelebihan berat badan atau obesitas, penggunaan piruvat terbukti menurunkan masa lemak dan berat badan, yang juga dikaitkan penurunan berat badan secara drastis (1, 2, 3).

 

Pada penelitian lain dengan karakteristik partisipan sejenis, diberikan suplementasi 22-44 gram piruvat terbagi menjadi tiga dosis sepanjang hari, bersamaan dengan diet rendah lemak / kolesterol dan kalori terkontrol selama 6 minggu. Hasil penelitian menyatakan terdapat penurunan berat badan hingga 0,7 kg, dibanding kelompok penerima plasebo yang hanya mengalami rerata penurunan 0,1 kg (4). 

 

2. Menurunkan Kolesterol Jahat

Pada sebuah penelitian double-blind yang melibatkan pasien kelebihan berat badan dan hiperlipidemia (kadar kolesterol darah tinggi), diberikan intervensi berupa makanan tinggi lemak dan kolesterol dengan tambahan 36-53 gram piruvat sebagai pengganti sumber karbohidrat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa piruvat mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol total hingga 5%.

 

Selain itu secara signifikan menurunkan denyut jantung, serta tekanan darah hingga 12% dibandingkan dengan kelompok penerima plasebo yang tidak mengalami penurunan kolesterol maupun tekanan darah (5). 

 

3. Mengurangi Efek Penuaan pada Kulit

Pada pernyataan yang dikutip pada laman WebMD, bahwa mengoleskan krim dengan kandungan asam piruvat 50% pada kulit seminggu sekali selama 4 minggu terbukti dapat menghaluskan kulit, mengurangi keriput, dan mengurangi bintik hitam yang terkait dengan proses penuaan dan radikal bebas akibat paparan sinar matahari (6)

 

 

 

Sumber Makanan

 

Piruvat tersedia dalam sediaan suplemen kalsium piruvat

 

 

Dosis Pemakaian

 

Dalam penelitian dengan subyek manusia, menggantikan 10-20% asupan kalori dari karbohidrat dengan 6-12 gram piruvat dapat menghilangkan lemak sebanyak 20-50 gram setiap hari.

 

Adapun untuk mengatasi penuaan pada kulit, Anda dapat mengaplikasikan asam piruvat 50% seminggu sekali selama 4 minggu.

 

 

Efek Samping

 

Mengonsumsi suplemen piruvat dalam dosis tinggi dan jangka panjang dapat menimbulkan berbagai efek samping, seperti:

Sakit perut

Rasa begah 

Kembung

Diare

Kulit terbakar

 

 

Kontraindikasi

 

Ibu hamil dan menyusui

Lemah jantung (kardiomiopati)

Diare

Sindrom iritasi usus besar (IBS)

 

 

Referensi

Patel, Kamal. (2013). Pyruvate. Examine. Diakses pada 11 Juli 2019.

Stanko RT, Tietze DL, Arch JE. Body composition, energy utilization, and nitrogen metabolism with a severely restricted diet supplemented with dihydroxyacetone and pyruvate. Am J Clin Nutr. (1992). 

Kalman D, Colker CM, Wilets I, Roufs JB, Antonio J. The effects of pyruvate supplementation on body composition in overweight individuals. Nutrition. (1999). 

Stanko RT, Tietze DL, Arch JE. Body composition, energy utilization, and nitrogen metabolism with a 4.25-MJ/d low-energy diet supplemented with pyruvate. Am J Clin Nutr. (1992). 

Stanko RT, Reynolds HR, Hoyson R, Janosky JE, Wolf R. Pyruvate supplementation of a low-cholesterol, low-fat diet: effects on plasma lipid concentrations and body composition in hyperlipidemic patients. Am J Clin Nutr. (1994). 

Stanko RT, Reynolds HR, Lonchar KD, Arch JE. Plasma lipid concentrations in hyperlipidemic patients consuming a high-fat diet supplemented with pyruvate for 6 wk. Am J Clin Nutr. (1992). 

WebMD. (2018). Pyruvate. WebMD. Diakses pada 11 Juli 2019. 


Tags: , , ,