fbpx
LOGO

Mengenal Indole-3-carbinol (I3C), Senyawa pada Tanaman yang Ampuh Cegah Kanker

August 25, 2020
IMG

Indole-3-carbinol atau I3C terbentuk dari zat kimia glucobrassicin, yang ditemukan pada sayuran golongan krusifera seperti brokoli, kembang kol, kale, sawi, lobak, kubis, kubis Brussel, collard, dan rutabaga. 

 

I3C tidak berinteraksi secara otomatis pada tubuh manusia. Namun, ketika I3C terkena asam lambung, I3C dipecah untuk membentuk dua senyawa bioaktif yaitu diindolylmethane (DIM) dan indolylcarbazole. 

 

Suplementasi I3C umum digunakan untuk mencegah kanker dan metabolisme estrogen. Manfaat lain Indole-3-Carbinol yakni pengobatan lupus eritematosus sistemik, meringankan gejala menopause, juga diklaim mampu menurunkan berat badan.

 

 

Manfaat I3C 

 

1. Mencegah Kanker

Para peneliti tertarik mengamati manfaat I3C untuk mencegah kanker karena hasil penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi sayuran hasil persilangan seperti brokoli, selada air, kubis, dan kubis Brussel dapat menurunkan risiko pengembangan beberapa kanker.

 

Pada uji coba dengan hewan, pemberian I3C secara oral mampu menghambat perkembangan kanker pada payudara, usus besar, hati, lambung, kanker rahim, serta menghambat keganasan pada jaringan paru-paru.

 

Pada sebuah studi yang lain menunjukkan bahwa diet I3C mencegah perkembangan kanker yang disebabkan oleh peningkatan estrogen termasuk kanker payudara, kanker endometrium dan serviks. Estrogen meningkatkan pertumbuhan dan kelangsungan hidup tumor, sedangkan I3C menghentikan pertumbuhan, meningkatkan kematian sel kanker, dan memperbaiki efek estrogen (1).

 

Meski penelitian terhadap manfaat suplemen I3C pada kanker belum dilakukan secara luas dan masih dalam penelitian lebih lanjut, mengonsumsi sayuran dan buah-buahan segar yang kaya akan kandungan I3C menjadi pilihan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan secara umum. 

 

2. Menjaga Keseimbangan Estrogen

Ketika dikonsumsi, Indole-3-Carbinol dipecah menjadi diindolylmethane (DIM) dan indolylcarbazole. DIM sendiri diketahui bersifat antioksidan, anti-inflamasi, antivirus, antibakteri, memodulasi berbagai hormon, dan anti-kanker. 

 

I3C dan DIM seringkali dikombinasikan untuk mendukung metabolisme estrogen. DIM mampu meningkatkan metabolisme estrogen dan membantu mengurangi kadar estrogen berbahaya dalam tubuh.

 

Sejauh ini, manfaat I3C dan DIM untuk kadar estrogen terbukti positif dalam percobaan laboratorium dan hewan. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian untuk secara jelas mengetahui cara kerja I3C dan DIM dalam mempengaruhi metabolisme estrogen dalam tubuh manusia (2).

 

Penggunaan Indole-3-Carbinol atau DIM untuk metabolisme estrogen menunjukkan banyak keberhasilan perbaikan dalam berbagai kondisi terkait estrogen seperti jerawat, menopause dan penurunan kadar lemak tubuh. 

 

3. Mengurangi Kekambuhan Papillomatosis Pernapasan Berulang (RRP)

Papillomatosis pernapasan berulang (RRP – Recurrent Respiratory Papillomatosis) merupakan suatu jenis tumor jinak yang menyerang jaringan epitel saluran pernafasan atas atau laring. Penyakit ini  diakibatkan oleh  infeksi HPV (Human papillomavirus) tipe 6 dan tipe 11. Tatalaksana kondisi RRP adalah dengan pembedahan untuk mengangkat tumor papiloma, tapi tindakan ini masih memungkinkan untuk tumor dapat kembali

 

Pada beberapa uji coba klinis pada hewan dan manusia, pemberian I3C mampu mengurangi kekambuhan RRP. Pada tikus dengan gangguan sistem kekebalan yang menerima transplantasi jaringan laring yang telah terinfeksi HPV, 25% dari kelompok penerima I3C yang mengembangkan papilloma di laring, sementara 100% tikus pada kelompok plasebo positif mengalami papiloma laring (3).

 

Pada studi pilot dengan subyek manusia, Indole-3-Carbinol telah diuji coba selama lima tahun untuk RRP. I3C diberikan sebanyak 400 mg untuk orang dewasa, dan 10 mg / kg berat badan untuk anak-anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 11 orang partisipan tidak mengalami kekambuhan gejala, 10 orang mengalami pengurangan gejala, dan 12 lainnya tidak mengalami peningkatan gejala (4).

 

 

Sumber Makanan

 

Indole-3-Carbinol terkandung pada sayuran silang, seperti:

• Brokoli

• Kubis

• Kembang kol

• Sawi

• Kale

• Lobak

• Kubis Brussel

• Collard

• Rutabaga

 

 

 

Dosis

 

• Dosis umum I3C berkisar hingga 120 mg setiap hari dan aman dikonsumsi hingga periode 15 bulan.

 

• Dosis antara 200 mg dan 400 mg setiap hari mungkin aman digunakan hingga tiga bulan.

 

Suplemen I3C merupakan suplemen yang larut lemak, sebaiknya dikonsumsi bersama dengan suplemen lain yang berbahan dasar minyak seperti vitamin E, minyak ikan, atau minyak flaxseed untuk meningkatkan daya serap dalam tubuh. 

 

 

Efek Samping

 

Dosis tinggi lebih dari 400 mg per hari dapat menimbulkan berbagai efek samping berbahaya seperti:

• Ruam kulit

• Tremor

• Mual

• Muntah

• Kehilangan keseimbangan 

• Sakit kepala 

 

 

Kontraindikasi

 

Ibu hamil atau menyusui

Anak-anak

Kondisi pendarahan

Pasien pra operasi

 

Hindari mengkombinasikan dengan obat-obatan yang dipecah oleh hati karena dapat mengurangi efektivitas obat

 

 

Referensi :

Nootriment. (2019). Indole-3-carbinol benefits, common uses and research. Nootriment. Diakses pada 29 Agustus 2019.

WebMD. (2018). Indole-3-carbinol. WebMD. Diakses pada 29 Agustus 2019.

Auborn KJ, Fan S, Rosen EM, Goodwin L, Chandraskaren A, Williams DE, Chen D, Carter TH. Indole-3-carbinol is a negative regulator of estrogen. The Journal of Nutrition. (2003). 

Nootriment. (2019). DIM estrogen blocker review, benefits & side effects. Nootriment. Diakses pada 29 Agustus 2019.

Caruso JA, Campana R, Wei C, et al. Indole-3-carbinol and its N-alkoxy derivatives preferentially target ERα-positive breast cancer cells. Cell Cycle. (2014).

Fusconi M, Grasso M, Greco A, et al. Recurrent respiratory papillomatosis by HPV: review of the literature and update on the use of cidofovir. Acta Otorhinolaryngol Ital. (2014). 


Tags: ,