fbpx
LOGO

Peran Penting Serotonin dan Alasan Kenapa Anda Membutuhkannya

September 9, 2020
IMG

Serotonin (5-hydroxytryptamine atau 5-HT) dikenal sebagai hormon yang dapat mencegah depresi. 2% dari serotonin tubuh ditemukan di otak, dan 95% diproduksi di usus, di mana ia memodulasi aksi hormon, endokrin, autokrin, dan parakrin. 

 

Serotonin berfungsi sebagai neurotransmitter (membantu mengirim sinyal dari satu area otak ke area lain) yang mengirimkan pesan kimia atau sinyal ke otak untuk mengatur fungsi motorik, persepsi rasa sakit dan nafsu makan. Serotonin juga mengatur berbagai proses biologis, termasuk fungsi kardiovaskular, keseimbangan energi, fungsi pencernaan, dan pengaturan suasana hati.

 

Serotonin adalah produk sampingan dari triptofan, asam amino esensial yang dikenal mampu mengatur suasana hati dan menyeimbangkan hormon secara alami. Triptofan dikonversi menjadi serotonin di otak dan membantu membuat asam amino esensial lainnya untuk membantu mengendalikan suasana hati dan mengurangi produksi hormon stres.

 

Fungsi serotonin hampir mirip dengan hormon kesenangan dopamin. Keduanya berfungsi sebagai pengatur suasana hati, namun dopamin lebih terhubung dengan daerah pada otak yang disebut dengan pusat kesenangan.

 

Hormon dopamin dilepaskan jika Anda mendapat hadiah (reward) atau mengalami pengalaman yang menyenangkan sehingga meningkatkan motivasi dan minat. Sementara serotonin memengaruhi cara Anda dalam memproses emosi. Sangat penting menjaga keduanya tetap seimbang untuk memiliki kesehatan yang optimal. 

 

 

Manfaat Serotonin

 

Serotonin mengantarkan sinyal ke otak untuk memengaruhi suasana hati dan mengatur waktu tidur. Serotonin juga menjadi fokus penelitian bertahun-tahun untuk masalah depresi.

 

Hasil penelitian yang dilakukan di Universitas Columbia membuktikan bahwa hingga saat ini sebagian besar dari 15 reseptor serotonin berkaitan dengan depresi. Menurut ulasan yang diterbitkan dalam World Psychiatry, gangguan fungsi serotonin dapat menyebabkan depresi klinis.

 

Selain meningkatkan kesehatan mental dan mempengaruhi suasana hati, serotonin juga berperan penting meningkatkan memori, menjaga kesehatan pencernaan, meredakan sakit, mempercepat penyembuhan pada luka, dan mempromosikan pembekuan darah.

 

 

Apa Jadinya Jika Kadar Serotonin dalam Tubuh Rendah?

 

Kadar serotonin yang normal berkisar antara 101–283 nanogram per mililiter (ng/mL). Anda dapat menguji kadar serotonin Anda dengan tes darah. Darah biasanya diambil dari vena dan dikirim ke laboratorium untuk mengetahui hasil. Orang yang berisiko kekurangan serotonin atau sindrom karsinoid (kadar serotonin tinggi) mungkin perlu tes darah

 

Serotonin yang rendah dikaitkan dengan gangguan kejiwaan termasuk depresi, kecemasan, perilaku kompulsif, agresi, penyalahgunaan zat, gangguan afektif musiman, bulimia, hiperaktif anak, hiperseksualitas, mania, skizofrenia, dan gangguan perilaku (1).

 

Orang dengan serotonin rendah kemungkinan mengalami gejala yang meliputi:

Depresi

Gelisah

Serangan panik

Agresi

Sifat mudah marah

Sulit tidur

Perubahan nafsu makan

Sakit kronis

Daya ingat yang buruk

Masalah pencernaan

Sakit kepala

 

 

Penyebab

 

Hingga saat ini, para peneliti belum mengetahui penyebab seseorang kekurangan serotonin. Mereka mengaitkan hal ini dengan faktor genetik, pola makan yang buruk dan gaya hidup.

 

Kadar serotonin rendah juga dikaitkan dengan kurangnya menerima sinar matahari dan konsumsi obat-obatan tertentu untuk jangka waktu yang lama.

 

 

Penanganan

 

Berikut ini beberapa cara alami untuk meningkatkan kadar serotonin:

 

1. Mengonsumsi makanan anti-inflamasi

Makanan anti-inflamasi akan meningkatkan kesehatan usus dan meningkatkan keseimbangan bakteri baik dan jahat. Beberapa makanan yang disarankan yaitu salmon, telur, sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan dan sayuran segar. 

 

Untuk memaksimalkan bakteri baik dalam usus, Anda dapat mengonsumsi makanan probiotik seperti kefir, kombucha, yogurt probiotik dan cuka sari apel.

 

Lemak sehat seperti alpukat, minyak kelapa, minyak zaitun, dan ghee juga akan membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan produksi serotonin secara alami.

 

2. Olahraga secara teratur dan mendapat cukup sinar matahari

Berolahraga secara teratur dapat menyeimbangkan hormon, memodulasi neurotransmiter dopamin, serotonin dan noradrenalin. Berolahraga juga memengaruhi fungsi otak dan memperbaiki gangguan neurologis.

 

Disarankan untuk berolahraga di luar ruangan saat pagi hari. Ini akan membuatmu mendapat dua manfaat sekaligus, karena sinar matahari pagi sangat bagus untuk peningkatan serotonin Anda.

 

3. Suplementasi Triptofan dan 5-HTP

Berkurangnya kadar triptofan dapat menyebabkan penurunan dalam aktivitas otak tertentu yang meningkatkan kebahagiaan. Suplementasi triptofan setiap hari selama beberapa bulan telah terbukti mengurangi perubahan suasana hati, lekas marah, tegang dan gelisah.

 

Suplemen 5-HTP juga sering digunakan untuk meningkatkan suasana hati dan mengurangi gejala depresi karena dikatakan suplemen ini mampu memproduksi serotonin. Konsumsi 5-HTP perlu dilakukan dibawah pengawasan dokter untuk menghindari ketidakseimbangan asam amino.

 

Sebelum menggunakan suplemen diatas (termasuk inhibitor reuptake serotonin selektif, atau SSRI) sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mengetahui dosis yang tepat dan interaksi obat yang mungkin terjadi. 

 

 

Referensi

Ruggeri C. (2019). Serotonin: Why you need it and how to boost levels naturally. Dr Axe. Diakses pada 15 Agustus 2019. 

Saldanha D, Kumar N, Ryali V, Srivastava K, Pawar AA. Serum serotonin abnormality in depression. Med J Armed Forces India. (2009).


Tags: