fbpx
LOGO

Potensi Manfaat Kesehatan Sirsak bagi Tubuh

October 15, 2020
IMG

Buah dari pohon Annona muricata yaitu sirsak (graviola atau guanabana) merupakan salah satu anggota keluarga apel custard (Annonaceae). 

 

Kulit sirsak yang khas dengan warna hijau dan tekstur yang berduri namun memiliki tekstur daging buah seperti krim dan rasa kuat yang sering dibandingkan dengan nanas atau stroberi. Buah yang populer karena kelezatan dan manfaatnya ini biasa dikonsumsi secara langsung dengan membelah buah dan mengambil dagingnya.

 

Sirsak kaya akan vitamin C dan E yang bersifat antioksidan. Kedua vitamin tersebut ditemukan pada benih dan daunnya. Sirsak juga memiliki senyawa menonjol lainnya yaitu alkaloid, fenol, dan asetogenin. 

 

Secara historis, seluruh bagian pohon sirsak diolah menjadi obat untuk mengatasi rasa sakit, radang, malaria, diabetes, dan parasit. Daun sirsak sendiri telah diteliti karena sifat anti-kankernya di laboratorium, tetapi penelitian pada manusia masih perlu dilakukan.

 

Meskipun memiliki beragam manfaat, suplemen sirsak belum disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA) atau Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat  untuk penggunaan medis.

 

 

Manfaat buah sirsak

 

1. Sebagai antioksidan

Salah satu manfaat dari sirsak yaitu sebagai antioksidan bagi tubuh. Antioksidan adalah senyawa yang membantu menetralkan senyawa berbahaya atau biasa disebut radikal bebas, yang dapat menyebabkan kerusakan sel.

 

Aktivitas antioksidan pada sirsak kemungkinan dikarenakan kandungan polifenol, karotenoid, tannin, dan antosianinnya (1, 2).

 

Sirsak juga mengandung beberapa senyawa tanaman yang bertindak sebagai antioksidan yaitu senyawa luteolin, quercetin dan tangeretin (3).

 

2. Menjaga kesehatan hati

Uji coba pada tikus dengan kerusakan hati membuktikan pemberian ekstrak sirsak dapat melindungi hati dan meningkatkan aliran empedu dengan mengurangi bilirubin (4, 5). Namun, perlu penelitian klinis lebih lanjut untuk mengetahui efek sirsak pada manusia.

 

3. Membantu menstabilkan kadar gula darah

Dalam beberapa uji coba pada hewan, ekstrak sirsak terbukti mampu menurunkan kadar gula darah pada tikus diabetes lima kali lebih rendah hingga 75% (6, 7). Namun, penelitian pada hewan ini menggunakan jumlah ekstrak sirsak dosis tinggi yang melebihi asupan melalui diet. 

 

Meskipun diperlukan penelitian lebih lanjut pada manusia, temuan ini menunjukkan bahwa sirsak dapat bermanfaat bagi penderita diabetes ketika dipasangkan dengan diet sehat dan gaya hidup sehat.

 

 

 

Perlu diingat bahwa manfaat diatas masih membutuhkan penelitian lebih lanjut pada manusia untuk membuktikan efek potensialnya. Hal ini selaras dengan manfaat sirsak pada kanker, anti bakteri, anti-inflamasi, dan kesehatan jantung.

 

 

Cara mengonsumsi sirsak

 

Sirsak dapat dikonsumsi baik dengan dimakan secara langsung, atau diolah menjadi hidangan lain seperti jus, smoothie, puree, dan bahkan dapat dipanggang atau digoreng seperti sayuran.

 

Biji sirsak mengandung racun sehingga harus dihindari. Adapun daun sirsak dapat dijadikan teh, tetapi harus berhati-hati karena potensi neurotoksisitasnya (racun yang menyerang otak dan sistem saraf dapat mengubah fungsi neurologis)

 

 

Efek samping dan bahaya sirsak

 

Senyawa asetogenin dalam sirsak dapat menjadi racun bagi sel-sel saraf dan melewati penghalang darah-otak.

 

Penelitian yang dilakukan pada  masyarakat Hindia Barat menunjukkan hubungan potensial antara tingkat konsumsi tinggi buah dan teh sirsak dengan insiden gangguan gerak yang lebih tinggi seperti parkinsonisme atipikal (8).

 

Mengonsumsi jus sirsak dalam dosis tinggi meningkatkan produksi spesies nitrogen reaktif, molekul yang dapat merusak sel pada tikus (9).

 

Sementara itu, mengonsumsi makanan yang meliputi sirsak dan spesies tanaman Annonaceae lainnya dapat meningkatkan kematian sel dalam sel otak manusia (10).

 

 

Referensi

Yazdi P. (2019). Does guanabana (fruit, soursop) have health benefits?. Self Hacked. Diakses pada 29 Oktober 2019.

Link R. (2017). Soursop (graviola): Health benefits and uses. Healthline. Diakses pada 29 Oktober 2019. 

Gavamukulya Y, Abou-Elella F, Wamunyokoli F, AEl-Shemy H. Phytochemical screening, anti-oxidant activity and in vitro anticancer potential of ethanolic and water leaves extracts of annona muricata (graviola). Asian Pac J Trop Med. (2014). 

Singh DR, Singh S, Salim KM, Srivastava RC. Estimation of phytochemicals and antioxidant activity of underutilized fruits of andaman aslands (india). Int J Food Sci Nutr. (2012).

George VC, Kumar DR, Suresh PK, Kumar RA. Antioxidant, DNA protective efficacy and HPLC analysis of Annona muricata (soursop) extracts. J Food Sci Technol. (2015).

Okoye JO, Nwachukwu DA, et al. Anticholestasis and antisinusoidal congestion properties of aqueous extract of annona muricata stem bark following acetaminophen induced toxicity. European Journal of Experimental Biology. (2016).

Arthur FKN, Woode E, Terlabi1 EO, Larbie1 C. Bilirubin lowering potential of annona muricata (linn.) in temporary jaundiced rats. Pharmacology and Toxicology. (2012).

Adeyemi DO, Komolafe OA, Adewole OS, Obuotor EM, Adenowo TK. Anti hyperglycemic activities of annona muricata (linn). Afr J Tradit Complement Altern Med. (2008).

Florence NT, Benoit MZ, Jonas K, Alexandra T, Désiré DD, Pierre K, Théophile D. Antidiabetic and antioxidant effects of annona muricata (annonaceae), aqueous extract on streptozotocin-induced diabetic rats. J Ethnopharmacol. (2014).

Caparros-Lefebvre D, Elbaz A. Possible relation of atypical parkinsonism in the French West Indies with consumption of tropical plants: A case-control study. Caribbean Parkinsonism Study Group. Lancet. (1999).

Rottscholl R, Haegele M, et al. Chronic consumption of annona muricata juice triggers and aggravates cerebral tau phosphorylation in wild-type and MAPT transgenic mice. J Neurochem. (2016). 

Höllerhage M, Rösler TW, et al. Neurotoxicity of dietary supplements from annonaceae species. Int J Toxicol. (2015). 


Tags: ,