fbpx
LOGO

Mengenal Lebih Dalam Pyrroloquinoline quinone (PQQ)

June 30, 2020
IMG

Pyrroloquinoline quinone atau PQQ adalah sebuah molekul kecil quinone yang diproduksi secara alami dalam tubuh manusia. PQQ terbentuk dari asam amino dan banyak ditemukan dalam jaringan dan cairan tubuh terutama air susu ibu (ASI). PQQ juga dapat ditemukan pada tanah dan makanan tertentu yang diyakini membantu pembentukan sel mitokondria baru.

 

PQQ bertindak sebagai baterai sel dan menghasilkan energi bagi tubuh. Sifat antioksidan yang dimilikinya juga diyakini dapat membantu mengurangi peradangan, meningkatkan kekuatan otak, menurunkan kadar kolesterol, serta memiliki berbagai manfaat kesehatan lainnya.  

 

Manfaat

 

1. Menyeimbangkan Kolesterol Darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa suplementasi PQQ dapat membantu menjaga keseimbangan kadar kolesterol darah sehingga dapat mengurangi resiko terjadinya penyakit jantung. Sebuah penelitian di Jepang yang melibatkan 29 orang dewasa sehat menunjukkan bahwa suplementasi dengan garam natrium PQQ secara signifikan mampu menurunkan kadar kolesterol jahat LDL (1).

 

2. Meningkatkan Kualitas Tidur

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Functional Foods in Health & Disease, sebanyak 17 orang dewasa yang mengonsumsi PQQ selama delapan minggu menunjukkan peningkatan kualitas tidur, termasuk durasi tidur, rasa kantuk saat bangun tidur dan jumlah waktu yang diperlukan untuk tidur (2). 

 

3. Mencegah Kerusakan Sel Akibat Peradangan

PQQ memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu menetralkan radikal bebas berbahaya dan mencegah kerusakan sel akibat peradangan. Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Nutritional Biokimia menunjukkan bahwa suplementasi PQQ dalam minuman rasa buah yang diberikan kepada lima orang pria dan lima orang wanita selama tiga hari menghasilkan penurunan signifikan terhadap penanda peradangan (sebanyak 45%) serta menghasilkan potensi perubahan dalam antioksidan (3).

 

4. Meningkatkan Fungsi Otak

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2016 menyatakan bahwa PQQ membantu melindungi otak terhadap terjadinya penurunan kognitif dan demensia pada lansia dengan cara meningkatkan aliran darah ke otak. Dalam sebuah studi acak double-blind, yang dilaksanakan di Jepang, suplementasi PQQ pada 41 orang lansia yang sehat selama 12 minggu menunjukkan adanya pencegahan terhadap penurunan fungsi otak pada lansia, terutama dalam aspek fokus, perhatian dan memori (4).

 

Lebih lanjut sebuah penelitian dengan subyek hewan yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Biochemistry and Nutrition menemukan fakta bahwa PQQ memiliki kemampuan dalam menurunakn kerusakan oksidatif di dalam sel. PQQ membantu mencegah degenerasi saraf dan meningkatkan memori pada tikus coba (5).

 

5. Mengurangi Stres Oksidatif

Berbagai penelitian telah membuktikan kemampuan PQQ sebagai perlindungan dari stres oksidatif. Sebuah penelitian yang dilaksanakan oleh Universitas Hokkaido, Jepang menunjukkan bahwa PQQ membantu mencegah kematian sel neuron (sel dalam otak) yang disebabkan oleh stres oksidatif akibat penyakit Parkinson. Penyakit Parkinson merupakan penyakit degenerasi sel saraf akibat hilangnya sel yang memproduksi dopamin dalam otak (6).

 

Studi lain pada hewan coba menemukan bahwa PQQ dapat mengurangi risiko osteoporosis dengan menghambat kerusakan DNA, mengurangi kematian sel dan memblokir stres oksidatif pada tikus (7).

 

6. Meningkatkan Fungsi Mitokondria

Penelitian dengan tikus coba yang diberikan suplemen PQQ menunjukkan peningkatan aktivitas mitokondria adalam mengaktivasi pelepasan protein CREB dan PGC-1alpha. Kedua protein ini adalah protein yang bertugas meningkatkan fungsi mitokondria dalam perlindungan tubuh dari radikal bebas, racun, paparan UV (ultra violet) dan berbagai kondisi merugikan lain dengan meningkatkan produksi antioksidan internal (8).

 

 

 

 

Sumber Makanan

 

Beberapa sumber makanan di alam yang kaya akan kandungan Pyrroloquinoline quinone atau PQQ antara lain: 

Buah-buahan seperti pisang, jeruk, pepaya, dan kiwi

Umbi-umbian seperti ubi, wortel, dan kentang

Sayuran hijau seperti bayam, kubis, seledri, paprika hijau, dan daun peterseli 

Tomat

Kuning telur

Kacang fava

Natto

Sup kedelai Jepang

 

Dosis Pemakaian

 

Belum diketahui dosis optimal konsumsi Pyrroloquinoline quinone (PQQ) per hari, tetapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa dosis rendah sebesar 2 miligram telah menunjukkan manfaat secara klinis. Dosis sebesar 20 hingga 40 miligram per hari diketahui aman dan efektif bagi kebanyakan orang. Awali konsumsi suplemen PQQ dengan dosis rendah dan tingkatkan perlahan untuk menemukan besaran dosis yang sesuai.

 

Interaksi Sinergi

 

Mengkombinasikan PQQ dengan koenzim Q10 CoQ10 mampu membantu meningkatkan produksi energi oleh  mitokondria sehingga memperpanjang usia sel.

 

Mengkombinasikan PQQ dengan glutathione atau suplemen cysteine (yang mengandung glutathione) dapat meningkatkan efektivitas PQQ dalam tubuh manusia.

 

 

Defisiensi

 

Berdasarkan hasil dari sebuah penelitian yang dilaksanakan pada hewan coba, kekurangan PQQ dalam tubuh dapat merusak fungsi mitokondria yang dapat menyebabkan gagal tumbuh, kelemahan otot, masalah neurologis atau sistem saraf, masalah pencernaan dan peningkatan resiko infeksi (9, 10)

 

 

Kontraindikasi

 

Orang-orang dengan kondisi berikut disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu:

Anak-anak

Wanita hamil atau menyusui

Penderita riwayat kesehatan khusus

 

 

Efek Samping

 

Efek samping ringan yang dapat terjadi antara lain sakit kepala ringan, mengantuk, kelelahan dan atau insomnia. Hal ini dialami oleh beberapa orang terutama yang mengonsumsi terlalu banyak PQQ atau mereka yang sensitif terhadap suplemen tersebut.

 

 

Referensi:

Patel, Kamal. (2013). Pyrroloquinoline quinone. Examine. Diakses pada 25 Juni 2019.

Link, Rachael. (2018). Pqq supplement: The brain-boosting, life-extending benefits of pqq, Dr Axe. Diakses pada 25 Juni 2019.

Finlay, Josh. (2019). 11 Pqq benefits + foods, side effects, dosage, reviews. Self Hacked. Diakses  pada 25 Juni 2019.

Nakano M, Kawasaki Y, Suzuki N, Takara T. Effects of pyrroloquinoline quinone disodium salt intake on the serum cholesterol levels of healthy japanese adults. J Nutr Sci Vitaminol (Tokyo). (2015).

Nakano M, Yamamoto T, Okamura H, Tsuda A, Kowatari Y. Effects of oral supplementation with pyrroloquinoline quinone on stress, fatigue, and sleep. Functional Foods in Health and Disease. (2012).

Harris CB, Chowanadisai W, Mishchuk DO, Satre MA, Slupsky CM, Rucker RB. Dietary pyrroloquinoline quinone (PQQ) alters indicators of inflammation and mitochondrial-related metabolism in human subjects. J Nutr Biochem. (2013).

Itoh Y, Hine K, Miura H, et al. Effect of the antioxidant supplement pyrroloquinoline quinone disodium salt (BioPQQ™) on cognitive functions. Adv Exp Med Biol. (2016).

Ohwada K, Takeda H, Yamazaki M, et al. Pyrroloquinoline quinone (pqq) prevents cognitive deficit caused by oxidative stress in rats. J Clin Biochem Nutr. (2008).

Nunome K, Miyazaki S, Nakano M, Iguchi-Ariga S, Ariga H. Pyrroloquinoline quinone prevents oxidative stress-induced neuronal death probably through changes in oxidative status of DJ-1. Biol Pharm Bull. 2008).

Huang Y, Chen N, Miao D. Effect and mechanism of pyrroloquinoline quinone on anti-osteoporosis in Bmi-1 knockout mice-anti-oxidant effect of pyrroloquinoline quinone. Am J Transl Res. (2017). 

Chowanadisai W, Bauerly KA, Tchaparian E, Wong A, Cortopassi GA, Rucker RB. Pyrroloquinoline quinone stimulates mitochondrial biogenesis through cAMP response element-binding protein phosphorylation and increased PGC-1alpha expression. J Biol Chem. (2010).

Bauerly K, Harris C, Chowanadisai W, et al. Altering pyrroloquinoline quinone nutritional status modulates mitochondrial, lipid, and energy metabolism in rats. PLoS One. (2011).

Cleveland Clinic. (2018). Mitochondrial diseases. Cleveland Clinic. Diakses pada 25 Juni 2019.

 


Tags: , , , ,