fbpx
LOGO

Resep Membuat Kaldu Tulang Ayam Lezat dan Bergizi

August 11, 2020
IMG

Kaldu tulang adalah salah satu makanan yang dapat mempercepat penyembuhan. Kaldu tulang dan kaldu daging seringkali disamakan, namun sebenarnya berbeda dari segi pembuatan dan penggunaannya. Kaldu tulang atau bone broth terbuat dari tulang ayam, kambing, sapi atau domba, sementara kaldu daging atau stock biasanya dibuat dari seprihan daging dengan sedikit lemak yang direbus lama. 

 

Jika kaldu daging membutuhkan waktu memasak 45 menit hingga 2 jam, kaldu tulang membutuhkan waktu memasak lebih lama, sekitar 6 jam bahkan bisa lebih lama hingga lebih dari 24 jam, sehingga memiliki tekstur yang lebih kental, lebih gurih, dan berwarna lebih pekat.

 

Proses memasak yang cukup lama bertujuan untuk mengambil nutrisi seperti kolagen, gelatin dan glisin yang terkandung di dalam tulang, sehingga kaldu tulang diklaim mampu membantu melindungi dan menyembuhkan lapisan usus, meningkatkan kesehatan kulit dan rambut, serta meningkatkan fungsi sendi.

 

 

Nutrisi pada Kaldu Tulang Ayam

 

Kandungan nutrisi kaldu tulang ayam bervariasi tergantung pada sejumlah faktor, termasuk bahan yang digunakan, lama waktu memasak dan berapa banyak lemak yang diambil. Secara umum, kaldu tulang ayam rendah kalori, lemak dan karbohidrat. Kadar natriumnya pun bergantung pada seberapa banyak garam yang ditambahkan. Disarankan untuk menggunakan garam Himalaya berkualitas tingi.

 

 

Bagaimana Cara Membuat Kaldu Tulang Ayam?

 

Membuat kaldu tulang ayam tentunya tidak sulit sama sekali. Ini sama seperti membuat kaldu daging pada umumnya, namun membutuhkan waktu memasak yang lebih lama. Berikut ini bahan dan langkah-langkah dalam membuat kaldu tulang ayam.

 

Bahan yang diperlukan:

4 pon (2 kg) leher ayam / kaki / sayap

3 wortel, dicincang

3 batang seledri, cincang

2 bawang bombai ukuran sedang, kupas, potong setengah memanjang dan dipotong empat

4 siung bawang putih, kupas dan hancurkan

1 sendok teh garam 

1 sendok teh lada utuh

3 sendok makan cuka sari apel

2 daun salam

3 tangkai thyme segar

5–6 tangkai peterseli

1 sendok teh oregano

18–20 gelas air dingin

 

Cara membuat:

1. Masukkan semua bahan dalam slow cooker kapasitas 10 liter, mulai dari ayam lalu sayur dan seluruh bahan yang diperlukan.

 

2. Tambahkan 18 hingga 20 air dingin, masak dengan api sedang hingga 24-48 jam. Sesekali saring lemak pada kaldu. Waktu memasak yang lama akan membiarkan semua nutrisi pada bahan lepas ke dalam kuah kaldu.

 

3. Setelah selesai, angkat dan diamkan sebentar. Angkat ayam dan bahan lainnya.

 

4. Saring kuah kaldu menggunakan saringan. Dinginkan kaldu dengan suhu kamar, tutup, lalu dinginkan dalam freezer. Kaldu ini dapat bertahan seminggu hingga tiga bulan.

 

 

 

Cara Penggunaan Kaldu Tulang Ayam

 

Kaldu tulang ayam dapat ditambahkan ke dalam sup, semur, serta hidangan daging, ikan, dan sayuran. Anda juga dapat menggunakan kaldu sebagai pengganti air untuk memasak nasi, dan sangat cocok digunakan jika Anda sedang menjalani diet bebas gula, ketogenik, rendah karbohidrat, atau paleo.

 

Kaldu tulang juga dapat diminum secara langsung untuk mendapat manfaat kesehatan.

 

 

Referensi

Josh, Axe. (2018). Chicken bone broth recipe. Dr Axe. Diakses pada 26 Juli 2019.

Price, Annie. (2019). How to make bone broth at home + bone broth recipes. Dr Axe. Diakses pada 26 Juli 2019.

Permata, Sonia. (2017). Apa bedanya kaldu tulang dan kaldu daging?. Detik. Diakses pada 26 Juli 2019.