fbpx
LOGO

Waspada, Rumput Laut Ini Ternyata Beracun!

October 9, 2020
IMG

Rumput laut umum ditemukan dalam berbagai hidangan. Karena kandungan nutrisinya, rumput laut sering direkomendasikan untuk meningkatkan kesehatan.

 

Rumput laut kaya akan yodium dan memiliki komponen khusus yang hanya ditemukan pada rumput laut, termasuk fucoxanthin, fucoidans, dan phlorotannins.

 

Sumber yodium terendah terdapat pada rumput laut nori dengan kadar yodium 12 mikrogram (μg) per gram. Mengonsumsi 9 gram produk rumput laut saja sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan yodium harian Anda. Sumber terbesar terdapat pada rumput laut kombu yang diperkirakan memiliki kadar yodium tertinggi yakni 2.660 mikrogram (μg) per gram. 

 

Konsumsi sedikit saja rumput laut kombu sudah cukup memenuhi kebutuhan harian yodium. Rumput laut kombu sebesar 9 gram sangat melebihi rekomendasi asupan harian dan batas atas tertinggi yang dapat ditoleransi, sehingga dapat membuat Anda keracunan yodium.

 

Meski bukan pada tingkat akut atau mematikan, konsumsi rumput laut dalam dosis sedikit namun jangka panjang dapat menyebabkan gangguan tiroid seperti gondok.

 

Selain nori dan kombu (dikenal juga sebagai Kelp), rumput laut wakame juga termasuk ke dalam rumput laut yang umum dikonsumsi. Nori memiliki kadar yodium terendah sehingga aman dikonsumsi. Rumput laut ini sering digunakan untuk membungkus sushi.

 

 

Rata-rata, makanan Jepang mengandung sekitar 5 g rumput laut setiap hari dan yodium dalam kisaran 1.000-3.000 μg.

 

Jika Anda ingin mencoba atau mencicipi rumput laut kombu dengan aman, Anda disarankan untuk merebusnya selama 15-30 menit. Merebus atau memanaskan rumput laut dapat menghilangkan 99% yodium dari rumput laut. Selain itu sebuah studi menemukan air mendidih juga dapat menghilangkan zat arsenik dari rumput laut (1).

 

Karena kehilangan yodium yang begitu tinggi dari rumput laut, biasanya rumput laut yang diolah atau dimasak tidak membawa risiko toksisitas yodium yang signifikan (risiko tinggi terlihat pada produk rumput laut mentah).

 

Anda juga dapat menambahkan goitrogen. Goitrogen merupakan senyawa yang diketahui memiliki sifat anti-tiroid. Dalam kasus kelebihan yodium, goitrogen mencegah toksisitas karena membatasi penyerapan yodium yang terlalu tinggi.

 

Banyak masakan tradisional Jepang, seperti sup, yang mengandung rumput laut juga mengandung makanan dengan kandungan goitrogen yang diketahui seperti kedelai, brokoli, dan bok choy.

 

 

Referensi

Patel K. (2017). How can i safely consume seaweed?. Examine. Diakses pada 10 Oktober 2019.

Taylor VF, Jackson BP. Concentrations and speciation of arsenic in New England seaweed species harvested for food and agriculture. Chemosphere. (2016).


Tags: